PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE (IOC) TERHADAP KETERAMPILAN KOMUNIKASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS XI MAN KENDAL PADA MATERI SISTEM GERAK

RAYSHA ZUMALA ZEIN - Nama Orang;

ABSTRAK
Zein, Raysha Zumala. 2024. “Pengaruh Model Pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) Terhadap Keterampilan Komunikasi dan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Kelas XI MAN Kendal Pada Materi Sistem Gerak”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Muhammad Radian Nur Alamsyah, M.Pd., Pembimbing II Ika Sukmawati, M.Pd.
Kata Kunci : Inside Outside Circle (IOC), Keterampilan Komunikasi, Hasil Belajar Kognitif.
Pengembangan sumber daya manusia bisa dinaikkan melalui sejumlah metode, salah satunya dengan pendidikan. Pendidikan tidak hanya menghasilkan output berupa hasil belajar kognitif di ranah intelektual, tetapi juga mampu meningkatkan keterampilan yang dibutuhkan untuk kehidupan di abad ke-21. Sebuah keahlian dimana sangat penting yaitu keterampilan komunikasi. Maka, guru perlu menggunakan strategi pembelajaran yang inovatif dan kreatif, seperti model pembelajaran Inside Outside Circle, untuk menambah keterampilan komunikasi peserta didik serta hasil belajar kognitif pada tahapan belajar mengajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran IOC terhadap keterampilan komunikasi dan hasil belajar kognitif pada mata pelajaran biologi materi sistem gerak kelas XI di MAN Kendal. Maka dari itu, penelitian mengenai pengaruh model pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) terhadap keterampilan komunikasi dan hasil belajar kognitif menjadi hal yang menarik untuk dilaksanakan. Metode penelitian ini menggunakan desain quasi eksperimen melalui tipe non-equivalent control group. Kelas XI.B MAN Kendal menjadi kelas kontrol, sementara XI.C menjadi kelas eksperimen. Sampel dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan mencakup lembar tes (pretest dan posttest), pengukuran keterampilan komunikasi, serta lembar observasi. Data yang didapat mencakup hasil nilai pretest serta posttest materi sistem gerak, hasil pengukuran keterampilan komunikasi, serta hasil observasi langsung. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Uji Mann-Whitney U-Test. Berdasarkan dari hasil uji hipotesis, nilai Asymp sig. (2-tailed) menampilkan bahwa keterampilan komunikasi dan hasil belajar kognitif memiliki signifikansi sejumlah 0,000. Bisa dikatakan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) terhadap keterampilan komunikasi dan hasil belajar kognitif pada peserta didik. Berdasarkan dari hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilaksanakan maka, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran IOC terhadap keterampilan komunikasi dan hasil belajar kognitif peserta didik pada mata pelajaran biologi materi sistem gerak kelas XI di MAN Kendal.


Ketersediaan
48-UN57.U1-SPB-VIII-2024BIOLOGI ZEI P 2024Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
BIOLOGI ZEI P 2024
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2024
Deskripsi Fisik
XIII;207HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
570
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_BIOLOGI
FAKULTAS_KEGURUAN_DAN_ILMU_PENDIDIKAN
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • HALAMAN ROMAWI, BAB I, BAB II, BAB III
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik