Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE (IOC) TERHADAP KETERAMPILAN KOMUNIKASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS XI MAN KENDAL PADA MATERI SISTEM GERAK
ABSTRAK
Zein, Raysha Zumala. 2024. “Pengaruh Model Pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) Terhadap Keterampilan Komunikasi dan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Kelas XI MAN Kendal Pada Materi Sistem Gerak”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Muhammad Radian Nur Alamsyah, M.Pd., Pembimbing II Ika Sukmawati, M.Pd.
Kata Kunci : Inside Outside Circle (IOC), Keterampilan Komunikasi, Hasil Belajar Kognitif.
Pengembangan sumber daya manusia bisa dinaikkan melalui sejumlah metode, salah satunya dengan pendidikan. Pendidikan tidak hanya menghasilkan output berupa hasil belajar kognitif di ranah intelektual, tetapi juga mampu meningkatkan keterampilan yang dibutuhkan untuk kehidupan di abad ke-21. Sebuah keahlian dimana sangat penting yaitu keterampilan komunikasi. Maka, guru perlu menggunakan strategi pembelajaran yang inovatif dan kreatif, seperti model pembelajaran Inside Outside Circle, untuk menambah keterampilan komunikasi peserta didik serta hasil belajar kognitif pada tahapan belajar mengajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran IOC terhadap keterampilan komunikasi dan hasil belajar kognitif pada mata pelajaran biologi materi sistem gerak kelas XI di MAN Kendal. Maka dari itu, penelitian mengenai pengaruh model pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) terhadap keterampilan komunikasi dan hasil belajar kognitif menjadi hal yang menarik untuk dilaksanakan. Metode penelitian ini menggunakan desain quasi eksperimen melalui tipe non-equivalent control group. Kelas XI.B MAN Kendal menjadi kelas kontrol, sementara XI.C menjadi kelas eksperimen. Sampel dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan mencakup lembar tes (pretest dan posttest), pengukuran keterampilan komunikasi, serta lembar observasi. Data yang didapat mencakup hasil nilai pretest serta posttest materi sistem gerak, hasil pengukuran keterampilan komunikasi, serta hasil observasi langsung. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Uji Mann-Whitney U-Test. Berdasarkan dari hasil uji hipotesis, nilai Asymp sig. (2-tailed) menampilkan bahwa keterampilan komunikasi dan hasil belajar kognitif memiliki signifikansi sejumlah 0,000. Bisa dikatakan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) terhadap keterampilan komunikasi dan hasil belajar kognitif pada peserta didik. Berdasarkan dari hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilaksanakan maka, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran IOC terhadap keterampilan komunikasi dan hasil belajar kognitif peserta didik pada mata pelajaran biologi materi sistem gerak kelas XI di MAN Kendal.
48-UN57.U1-SPB-VIII-2024 | BIOLOGI ZEI P 2024 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain