PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS ETNOMATEMATIKA BERBANTUAN FLIPBOOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA SMP

EGI ALIFAKI - Nama Orang;

ABSTRAK
Alifaki, Egi 2024. “Pengembangan E-Modul Berbasis Etnomatematika Berbantuan Flipbook untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa SMP”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Zuida Ratih Hendrastuti, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Dita Aldila Krisma, M.Pd.
Kata Kunci: e-modul, etnomatematika, literasi numerasi Etnomatematika merupakan pendekatan yang mampu memberikan pemahaman tentang hubungan antara budaya dengan ilmu pengetahuan, sekaligus dapat memupuk nilai-nilai karakter nasionalis dalam diri siswa. Ilmu pengetahuan yang dipelajari adalah matematika. Dalam matematika salah satu kemampuan yang penting untuk dimiliki siswa adalah kemampuan literasi numerasi. Kemampuan literasi numerasi siswa di SMP Negeri 7 Kota Magelang tergolong rendah. Guru belum memanfaatkan teknologi saat pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dari e-modul berbasis etnomatematika berbantuan flipbook pada materi bangun ruang sisi datar untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa. Jenis penelitian ini menggunakan desain penelitian pengembangan atau research and development (R&D) dengan model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE yang terdiri dari Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation menurut Branch. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dan tes. Populasi dalam penelitian yaitu siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Kota Magelang berjumlah 192 orang siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 7 Kota Magelang. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling.


Ketersediaan
77-UN57.U1-SPM-VIII-2024MATEMATIKA ALI P 2024Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
MATEMATIKA ALI P 2024
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2024
Deskripsi Fisik
XIX;267HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
510
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_MATEMATIKA
FAKULTAS_KEGURUAN_DAN_ILMU_PENDIDIKAN
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • HALAMAN ROMAWI, BAB I, BAB II, BAB III
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik