Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS ETNOMATEMATIKA BERBANTUAN FLIPBOOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA SMP
ABSTRAK
Alifaki, Egi 2024. “Pengembangan E-Modul Berbasis Etnomatematika Berbantuan Flipbook untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa SMP”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Zuida Ratih Hendrastuti, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Dita Aldila Krisma, M.Pd.
Kata Kunci: e-modul, etnomatematika, literasi numerasi Etnomatematika merupakan pendekatan yang mampu memberikan pemahaman tentang hubungan antara budaya dengan ilmu pengetahuan, sekaligus dapat memupuk nilai-nilai karakter nasionalis dalam diri siswa. Ilmu pengetahuan yang dipelajari adalah matematika. Dalam matematika salah satu kemampuan yang penting untuk dimiliki siswa adalah kemampuan literasi numerasi. Kemampuan literasi numerasi siswa di SMP Negeri 7 Kota Magelang tergolong rendah. Guru belum memanfaatkan teknologi saat pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dari e-modul berbasis etnomatematika berbantuan flipbook pada materi bangun ruang sisi datar untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa. Jenis penelitian ini menggunakan desain penelitian pengembangan atau research and development (R&D) dengan model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE yang terdiri dari Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation menurut Branch. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dan tes. Populasi dalam penelitian yaitu siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Kota Magelang berjumlah 192 orang siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 7 Kota Magelang. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling.
77-UN57.U1-SPM-VIII-2024 | MATEMATIKA ALI P 2024 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain