Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN MEDIA MATH CITY MAP TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP KELAS VIII
ABSTRAK
Mahira, Armyta Desy. 2024. “Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament Berbantuan Media Math City Map terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Kelas VIII”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Aprilia Nurul Chasanah, M.Pd., Pembimbing II Arifta Nurjanah, M.Pd.
Kata Kunci: Team Games Tournament (TGT), Math City Map (MCM), Kemampuan Komunikasi Matematis. Terdapat lima kompetensi yang wajib dimiliki oleh siswa pada pembelajaran matematika. Salah satunya yakni kemampuan komunikasi matematis. Kemampuan komunikasi yang baik wajib dimiliki siswa supaya bisa mendapat informasi terbaru, sehingga bisa menjabarkan apa yang sedang dirasakan, diamati, dipikirkan, ataupun yang sudah dialami. Mengacu pada hasil tes kemampuan komunikasi matematis siswa di SMP Negeri 2 Mertoyudan, diketahui bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa tergolong rendah pada rata-rata 45,83 menurut Riyadi & Pujiastuti (2020). Permasalahan kemampuan komunikasi matematis bisa terjadi karena sejumlah aspek, antara lain siswa yang cenderung pasif pada pembelajaran. Sejumlah siswa juga ada yang mengakui matematika sulit dikarenakan siswa lupa rumus matematika, tahapan pada pengerjaan soal, serta juga kurang teliti dalam mengerjakan soal. Oleh sebab itu, dibutuhkan model pembelajaran yang bisa mengembangkan kemampuan komunikasi matematis secara optimal yakni melalui implementasi model pembelajaran TGT berbantuan media MCM. Tujuan penelitian ini adalah (1) menganalisis ketuntasan klasikal kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapatkan model pembelajaran TGT berbantuan media MCM, (2) menganalisis ketuntasan klasikal kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapatkan model pembelajaran langsung, dan (3) menganalisis kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapatkan model pembelajaran TGT berbantuan media MCM dibandingkan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapatkan model pembelajaran langsung. Desain penelitian ini dengan nonequivalent pretest-posttest control group design. Populasi pada penelitian ini yakni siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Mertoyudan. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Sampel yang diambil dalam penelitian ini yakni kelas VIII B sebagai kelas eksperimen serta kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang dipakai pada penelitian di antaranya lembar observasi, pedoman wawancara, lembar validasi, serta soal tes kemampuan komunikasi matematis.
82-UN57.U1-SPM-VIII-2024 | MATEMATIKA MAH P 2024 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain