Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISKURSUS MULTI REPRESENTASI BERORIENTASI MASALAH KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA
ABSTRAK
Febianti, Dini. 2024. Pengaruh Model Pembelajaran Diskursus Multi Representasi berorientasi Masalah Kontekstual Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Syita Fatih „Adna, S.Pd., M.Sc. Pembimbing II Dita Aldila Krisma M.Pd.
Kata Kunci: Model Diskursus Multi Representasi, Masalah Kontekstual, Kemampuan Komunikasi Matematis. Salah satu aspek penting dalam proses pengajaran dan pembelajaran matematika adalah kemampuan komunikasi matematis siswa SMP N 1 Magelang masih berada dalam kategori rendah berdasarkan hasil tes kemampuan awal yang diperoleh yaitu 49,3 dari skor maksimum 100. Hal ini dikarenakan model pembelajaran yang belum bervariasi sehingga siswa kurang terlibat dalam pembelajaran yang nantinya akan mempengaruhi kemampuan komunikasi matematis siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Diskursus Multi Representasi berorientasi masalah kontekstual. Tujuan kedua yaitu menganalisis peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung. Tujuan berikutnya membandingkan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Diskursus Multi Representasi dengan yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis eksperimen semu. Desain dari eksperimen semu yang digunakan adalah Pretest-Posttest control group design dengan membandingkan dua sampel sebanyak 32 siswa dari kelas VIII E dan VIII F di SMP N 1 Magelang.yang dipilih secara acak. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket, pedoman wawancara, lembar observasi, dan tes kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini memakai uji prasyarat normalitas dengan uji Liliefors sedangkan homogenitas dengan uji F, serta uji kesamaan rerata dengan Independent Sample t-Test. Uji hipotesis menggunakan Paired Sample t-Test dan Independent Sample t-Test.
87-UN57.U1-SPM-VIII-2024 | MATEMATIKA FEB P 2024 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain