Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS ETNOMATEMATIKA BERORIENTASI PADA KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS
ABSTRAK
Hidayah, N D. 2024 “Pengembangan E-LKPD Berbasis Etnomatematika Berorientasi pada Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis”. Skripsi. Program Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Nina Agustyaningrum, S.Pd.Si., M.Pd., Pembimbing II Dita Aldila Krisma, M.Pd.
Kata Kunci: E-LKPD, Etnomatematika, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Kemampuan pemecahan masalah merupakan dasar dari pembelajaran matematika yang harus dikembangkan serta menjadi tujuan umum pembelajaran matematika. Maka penguasaan kemampuan pemecahan masalah perlu ditingkatkan dalam pembelajaran matematika. Berdasarkan dari hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis yang diberikan peneliti diperoleh skor rata-rata sebesar 35,95 yang tergolong rendah. Penggunaan bahan ajar yang tepat dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Mengacu dari analisis kebutuhan, kurangnya variasi bahan ajar yang dipakai guru serta kurangnya aktivitas yang dilakukan siswa mengakibatkan siswa kurang fokus dalam proses pembelajaran, sehingga dibutuhkan bahan ajar yang menunjang siswa untuk aktif dalam belajar. Salah satu pilihannya adalah dengan mengembangkan E-LKPD berbasis etnomatematika. Berdasarkan dari uraian latar belakang, ditentukan tujuan penelitian yang ingin dicapai. Penelitian ini bertujuan guna mengembangkan E-LKPD berbasis etnomatematika yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis pada materi kesebangunan. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian dan pengembangan. Pengembangan dilakukan dengan model ADDIE, yakni tahap Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 3 Mertoyudan. Subjek penelitian yakni kelas VII D. Instrumen yang dipakai di penelitian ini berupa lembar validasi ahli, angket kepraktisan serta soal tes. Teknik analisis data yang digunakan validitas materi dan media, angket, Uji paired sample t-test dan N-Gain. Hasil penelitian ini yakni produk E-LKPD valid berdasarkan dari penilaian validator materi dengan persentase 74,9% dalam kategori valid dan penilaian validator media dengan persentase 87,9% dalam kategori sangat valid. Produk ELKPD yang dikembangkan pula memenuhi kriteria sangat praktis, dengan perolehan skor responden siswa sebesar 88,24% pada kategori sangat praktis dan respon guru sebesar 82,35% pada kategori sangat praktis. Selanjutnya produk ELKPD juga dinyatakan efektif dengan skor Paired sample t-Test sebesar 21,088 dan skor N-Gain diperoleh angka sebesar 0,67 pada kategori sedang yang artinya ada peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis.
83-UN57.U1-SPM-VIII-2024 | MATEMATIKA HID P 2024 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain