Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL LEARNING CYCLE 5E MENGGUNAKAN TEKNIK FAN N PICK TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP
ABSTRAK
Sasantri, Saktya Wening. 2024. “ Pengaruh Model Learning Cycle 5E Menggunakan Teknik Fan-N-Pick terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Yesi Franita, S.Si., M.Sc., Pembimbing II Arifta Nurjanah, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci : Learning Cycle 5E, Fan-N-Pick, Model Pembelajaran, Pemahaman Konsep Matematis, Pengaruh, Pemahaman konsep adalah kemampuan yang menunjukkan sejauh mana siswa mendalami dan bisa menjelaskan konsep dengan kata-katanya sendiri. Dalam matematika, pemahaman konsep adalah kemampuan dasar karena materi pelajaran tersusun secara hirarkis dan saling terkait, sehingga siswa perlu menguasainya untuk memecahkan masalah yang lebih kompleks. Namun, hasil tes awal pemahaman konsep matematis di SMP Negeri 1 Mertoyudan berada pada kategori rendah. Sehingga, diperlukan adanya inovasi yang dapat mengatasi rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Model Learning Cycle 5E dapat mengembangkan kemampuan pemahaman konsep matematis. Model ini mendorong pemahaman konsep yang mendalam dengan melibatkan siswa untuk mengembangkan dan menerapkan konsep dalam konteks nyata melalui tahap eksplorasi dan aplikasi. Pada tahap tersebut dibutuhkan teknik pembelajaran yang dapat memfasilitasi aktivitas siswa. Teknik yang dapat digunakan yaitu teknik FanN-Pick. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ketuntasan secara klasikal kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajarkan dengan model Learning Cycle 5E menggunakan teknik Fan-N-Pick. Tujuan berikutnya menganalisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajarkan dengan model Learning Cycle 5E menggunakan teknik Fan-N-Pick dibandingkan dengan siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan post-test only control group design sebagai desain penelitian quasi experiment. Sampel berasal dari siswa kelas VII B dan VII E di SMP Negeri 1 Mertoyudan yang dipilih melalui cluster random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes kemampuan pemahaman konsep matematis siswa, pedoman wawancara, lembar observasi dan lembar validasi. Pengambilan data menggunakan tes, wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang yaitu uji proporsi dan uji Independent Sample T-test.
84-UN57.U1-SPM-VIII-2024 | MATEMATIKA SAS P 2024 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain