Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY (TSTS) BERBASIS STEM TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP KELAS VII
ABSTRAK
Luthfiyya, Rara Sakhi. 2024. “Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) Berbasis STEM terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Kelas VII“. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Fadhilah Rahmawati, M.Pd., Pembimbing II Dita Aldila Krisma, M,Pd.
Kata Kunci : Kemampuan Komunikasi Matematis, Model Pembelajaran Two Stay Two Stray, STEM. Kemampuan komunikasi matematis merupakan salah satu komponen tujuan pembelajaran. Hasil tes awal menunjukan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa ada dalam kategori rendah. Hal tersebut dipengaruhi oleh kurangnya penerapan model pembelajaran di SMP Negeri 1 Salaman yang bervariasi dan yang memberikan banyak kesempatan bagi siswa untuk mengomunikasikan ide maupun gagasannya. Model pembelajaran yang bisa diimplementasikan di sekolah ini ialah model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) berbasis Science, Technology, Engineering, Mathematics (STEM). Tujuan dari penelitian ini ialah guna menganalisis ketuntasan klasikal siswa yang diajarkan memakai model pembelajaran TSTS berbasis STEM serta siswa yang diajarkan memakai model pembelajaran langsung, serta untuk menganalisis perbedaan pengaruh dari implementasi model pembelajaran TSTS berbasis STEM dibandingkan pada implementasi model pembelajaran langsung terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini yakni penelitian kuantitatif dengan desain penelitian quasi experiment yakni nonequivalent post-test only control group design, dengan mengambil dua sampel di kelas VII SMP Negeri 1 Salaman dan dengan cluster random sampling. Instrumen dari penelitian ini di antaranya yakni pedoman wawancara, lembar observasi, soal tes kemampuan komunikasi matematis, serta lembar validasi. Teknik pengumpulan datanya yakni dengan wawancara, observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada prapenelitian yaitu uji normalitas dengan uji Liliefors, uji homogenitas dengan uji F, dan uji keseimbangan rerata dengan uji independent sample T-test, sedangkan untuk teknik analisis data akhir yaitu uji hipotesis pertama dan kedua menggunakan uji Z, serta uji hipotesis ketiga menggunakan uji independent sample T-test.
86-UN57.U1-SPM-VIII-2024 | MATEMATIKA LUT P 2024 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain