Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CIRC BERBANTUAN LKS WORKED-EXAMPLE TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA
ABSTRAK
Muliasari, Vivi. 2024. “Pengaruh Model Pembelajaran CIRC Berbantuan LKS Worked-Example Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Nina Agustyaningrum, M.Pd., Pembimbing II Arifta Nurjanah, M.Pd.
Kata Kunci: Model Pembelajaran CIRC, LKS Worked-Example, Kemampuan Pemecahan Masalah. Salah satu kemampuan yang harus dikuasai siswa yakni kemampuan pemecahan masalah matematis. Hasil pra penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII SMP Negeri 10 Magelang dikategorikan rendah. Siswa belum memenuhi indikator kemampuan pemecahan masalah matematis. Siswa masih kesulitan dalam memahami soal dan belum bisa merencanakan penyelesaian masalah yang mengakibatkan kesalahan dalam melakukan perhitungan pada langkah-langkah penyelesaian selanjutnya. Selain itu, siswa tidak berperan aktif selama proses pembelajaran di kelas. Oleh karena itu, diperlukan inovasi dalam proses pembelajaran yaitu dengan menerapkan model pembelajaran CIRC. Model CIRC menekankan pada kegiatan membaca dan menulis secara berdiskusi yang dapat meningkatkan kemampuan siswa ketika memahami dan menyelesaikan soal pemecahan masalah. Media pembelajaran juga memiliki peran penting dalam proses pembelajaran, seperti penggunaan LKS Worked-Example. Model dan media pembelajaran tersebut untuk mendukung kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.
95-UN57.U1-SPM-VIII-2024 | MATEMATIKA MUL P 2024 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain