Text
SKRIPSI EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GDL (GUIDED DISCOVERY LEARNING) DAN TSTS (TWO STAY TWO STRAY) BERBANTUAN GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK KELAS VIII
ABSTRAK
Muawanah, Siti Badi’atul. 2024. “Efektivitas Model Pembelajaran GDL (Guided Discovery Learning) dan TSTS (Two Stay Two Stray) Berbantuan GeoGebra Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Peserta Didik Kelas VIII”. Skripsi. Program Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing 1 Fadhilah Rahmawati, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Moh Rikza Muqtada, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Efektivitas; Kemampuan Pemahaman Konsep; Model GDL; Model TSTS Kemampuan yang harus dikuasai peserta didik dalam pembelajaran matematika salah satunya yakni kemampuan pemahaman konsep. Kemampuan pemahaman konsep adalah pondasi dasar proses belajar matematika. Siswa menjadi lebih mudah menjawab persoalan matematika jika memahami suatu konsep matematika (NCTM, 2000). Hasil tes awal menunjukkan kemampuan pemahaman konsep peserta didik kelas VIII SMP Negeri 13 Magelang masih dalam kategori rendah. Jadi, diperlukan model pembelajaran yang dapat menumbuhkan kemampuan pemahaman konsep peserta didik, diantaranya model GDL dan TSTS. Penelitian dimaksudkan guna menganalisis ketuntasan kemampuan pemahaman konsep peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan menerapkan model TSTS, menganalisis ketuntasan kemampuan pemahaman konsep peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran GDL, dan menganalisis perbandingan kemampuan pemahaman konsep peserta didik yang lebih efektif antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan menerapkan model TSTS dengan peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan menerapkan model GDL.
100-UN57.U1-SPM-IX-2024 | MATEMATIKA MUA E 2024 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain