Text
SKRIPSI EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA
ABSTRAK
Ananda, J. A. (2024). “Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Berbantuan GeoGebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Megita Dwi Pamungkas S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Dita Aldilla Krisma, M.Pd..
Kata Kunci: Missouri Mathematics Project, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, GeoGebra, Pembelajaran Langsung. Kemampuan pemahaman konsep matematis merupakan kemampuan yang sangat diperlukan siswa saat mempelajari mtematika. Namun pada kenyataannya, kemampuan pemahaman konsep matematis pada siswa kelas VIII SMP IT Ihsanul Fikri Kota Magelang masih tergolong rendah dengan nilai rerata tes awal 52,56. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis ketuntasan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa menggunakan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) berbantuan GeoGebra dan model pembelajaran langsung. Selain itu menganalisis keefektifan model Missouri Mathematics Project (MMP) berbantuan GeoGebra dibandingkan model pembelajaran langsung terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Pada penelitian quasi experimental dengan posttest only control grup desain ini menggunakan teknik sampel jenuh pada pengambilan sampelnya. Adapun kelas yang terpilih sebagai kelas kontrol yaitu VIIIA dan yang terpilih sebagai kelas eksperimen yaitu kelas VIIIB dan kelas VIIIC. Instrumen penelitian yang digunakan lembar validasi, lembar observasi awal, pedoman wawancara dan soal tes kemampuan pemahaman konsep matematis.
103-UN57.U1-SPM-IX-2024 | MATEMATIKA ANA E 2024 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain