Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN CANVA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH (MTs)
ABSTRAK
Tsania. 2024. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Canva Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah (MTs). Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Zuida Ratih Hendrastuti, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Paskalia Pradanti, M.Pd.
Kata Kunci: Pembelajaran Matematika Model Discovery Learning, Berbantuan Canva, Model Pembelajaran Langsung, Kemampuan Berpikir Kritis. Kemampuan berpikir kritis penting untuk diterapkan agar dapat menghadapi permasalahan di kehidupan nyata seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di abad 21. Kemampuan berpikir kritis menunjang siswa dalam penguasaan materi dan penyelesaian masalah sehingga siswa mampu menyelesaikan permasalahan dengan kategori HOTS (High Order Thinking Skills). Kurangnya siswa dalam kemampuan berpikir kritis di MTs Negeri 2 Kota Magelang dibuktikan hasil observasi dan tes kemampuan awal yang didapatkan rata-ratanya adalah 38,37 dan masuk dalam kategori sangat kurang. Salah satu penyebabnya adalah penerapan model pembelajaran yang tidak terdapat stimulasi dan tidak melibatkan siswa secara aktif sehingga siswa kurang memahami konsep materi yang diajarkan. Maka dari itu, diberikan solusi untuk menerapkan model pembelajaran lain yang bisa memaksimalkan kemampuan berpikir kritis siswa. Model pembelajaran tersebut adalah Discovery Learning berbantuan Canva sebagai media presentasi. Tujuan penelitian ini, yang pertama adalah untuk mengetahui ketuntasan klasikal yang dicapai dengan penerapan model pembelajaran langsung. Tujuan yang kedua adalah untuk mengetahui ketuntasan klasikal yang dicapai dengan penerapan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan Canva. Tujuan yang ketiga adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning berbantuan Canva terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.
104-UN57.U1-SPM-IX-2024 | MATEMATIKA TSA P 2024 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain