Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN APLIKASI MEDIA PUZZLE ARTICULATE STORYLINE UNTUK PEMBELAJARAN BIOLOGI SUB MATERI DAUR BIOGEOKIMIA
ABSTRAK
Wijaya, Aurora Sukma Yuardi. 2024. “Pengembangan Aplikasi Media Puzzle Articulate Storyline Untuk Pembelajaran Biologi Sub Materi Daur Biogeokimia”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Ika Sukmawati, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Setiyo Prajoko, M.Pd.
Kata Kunci : Sub Materi Daur Biogeokimia, Media Belajar, Puzzle
Sub materi daur biogeokimia tergolong materi yang sulit dan abstrak karena melibatkan proses yang sangat kompleks dan sulit dirasakan oleh pancaindra sehingga bagi siswa kegiatan pembelajaran menjadi tidak menarik. Pada berbagai daur biogeokimia yang diajarkan juga memuat berbagai reaksi kimia yang melibatkan geografi dalam bentuk diagram siklus serta gambar sehingga sub materi tersebut menjadi kompleks. Faktor lain yang terjadi yaitu kurang tertariknya siswa terhadap media yang terbatas. Untuk mendukung terlaksananya pembelajaran dengan optimal maka diperlukan media belajar variatif dan relevan yang perlu dikembangkan. Tujuan dari penelitian ini yaitu menganalisis kelayakan aplikasi media puzzle articulate storyline untuk pembelajaran biologi sub materi daur biogeokimia sebagai media belajar sub materi daur biogeokimia dan mendeskripsikan respon guru dan siswa terhadap aplikasi media puzzle articulate storyline untuk pembelajaran biologi sub materi daur biogeokimia sebagai media belajar sub materi daur biogeokimia yang diujikan terbatas di SMA Negeri 2 Magelang. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D yang dibatasi hingga 3D (Define, Design, Develop). Pengembangan dilakukan dengan menyusun produk media pembelajaran dari tahap define untuk menganalisis lebih dalam kebutuhan, tahap design untuk merancang media berupa flowchart dan storyboard hingga design awal serta perancangan format media sesuai kebutuhan, tahap develop untuk menyusun produk dengan merealisasikan rancangan awal yang berupa flowchart dan storyboard untuk menjadi panduan utama dalam membuat tampilan aplikasi yang kemudian disusun menjadi beberapa scene pada satu story view dalam aplikasi articulate storyline. Media yang telah dikembangkan kemudian dianalisis kelayakannya baik secara materi dan media oleh validator, selain itu dilakukan juga uji respon oleh guru dan siswa untuk mengetahui respon guru dan siswa terhadap media interaktif disertai game puzzle berbasis articulate storyline pada sub materi daur biogeokimia yang dikembangakan melalui pengisian angket berisikan pertanyaan dan pernyataan yang diukur menggunakan skala likert. Hasil analisis kelayakan aplikasi media puzzle articulate storyline untuk pembelajaran biologi sub materi daur biogeokimia sebagai media belajar sub materi daur biogeokimia bagi siswa di SMA Negeri 2 Magelang berdasarkan penilaian oleh ahli materi dan ahli media yaitu masing-masing sebesar 96% dan 98% atau dalam kategori sangat layak. Demikian pula, hasil analisis respon guru dan siswa terhadap aplikasi media puzzle articulate storyline untuk pembelajaran biologi sub materi daur biogeokimia menunjukkan persentase skor sebesar 98% dan 88,9% atau dalam kategori sangat baik.
54-UN57.U1-SPB-VIII-2024 | BIOLOGI WIJ P 2024 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain