Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DAN EFEKTIVITASNYA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK KELAS XI PADA MATERI SISTEM EKSKRESI BERDASARKAN CRI (CERTAINTY OF RESPONSE INDEX)
ABSTRAK
Putri, Itsnawati Arzan. (2024). “Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw dan Efektivitasnya terhadap Pemahaman Konsep Peserta Didik Kelas XI pada Materi Sistem Ekskresi berdasarkan CRI (Certainty of Response Index)”. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Biologi, Pembimbing 1 Ika Sukmawati, M.Pd., Pembimbing II Karunia Galih Permadani, M.Sc
Kata Kunci: Pemahaman Konsep, Jigsaw, Ekskresi, CRI
Penelitian dilatarbelakangi oleh model pembelajaran kurang bervariasi sehingga suasana belajar menjadi monoton dan menjadikan respon peserta didik masih cenderung pasif kemudian model yang digunakan guru juga kurang efektif yang berakibat materi tidak tersampaikan secara maksimal, materi sistem ekskresi bersifat kompleks dan banyak mengandung hafalan menjadikan peserta didik merasa kesulitan dalam memahami dan guru belum menemukan metode identifikasi pemahaman konsep yang tepat sehingga pengukuran dalam penelitian menggunakan CRI (Certainty of Response Index). Hal tersebut dibuktikan dengan data observasi yaitu sebanyak 66,7% respon peserta didik bahwa metode pembelajaran guru kurang menarik sehingga pemahaman konsep peserta didik belum maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dan efektivitas penerapan model pembelajaran jigsaw terhadap pemahaman konsep pada materi sistem ekskresi kelas XI SMAN 1 Gebog berdasarkan CRI (Certainty of Response Index).
Metode yang digunakan yaitu quasi experimen atau eksperimen semu. Subjek yang digunakan yaitu kelas XI F-1 sebagai kelas eksperimen dan XI F-2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes, lembar observasi, lembar wawancara, modul ajar, dan LKPD. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dari pretest dan post-test materi sistem ekskresi. teknik analisis yang digunakan yaitu uji Mann Whitney U Test. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil uji Mann Whitney U Test dengan taraf signifikasi 0,001 yang artinya terdapat perbedaan pemahaman konsep pada kelas eksperimen. Kemudian hasil identifikasi peningkatan pemahaman konsep didukung oleh nilai CRI pada kelas Eksperimen sebesar 54%. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran jigsaw berdasarkan tes CRI melalui uji Mann Whitney U Test berpengaruh terhadap pemahaman konsep peserta didik kelas XI pada materi sistem ekskresi. Kemudian untuk uji yang terakhir yaitu uji N-Gain untuk mengetahui keefektifan penerapan model pembelajaran jigsaw terhadap pemahaman konsep peserta didik kelas XI diperoleh hasil yaitu N-Gain Score kelas eksperimen sebesar 0,53 dan untuk klas kontrol yaitu sebesar 0,48. Berdasarkan hasil N-Gain Score disimpulkan bahwa efektivitas penerapan model pembelajaran jigsaw berada pada kategori sedang.
61-UN57.U1-SPB-IX-2024 | BIOLOGI PUT P 2024 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain