Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN HERBARIUM BOOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI UNTUK SISWA KELAS X SMA N 1 MUNTILAN
ABSTRAK
Widiyastuti, Putri Ayu. 2024 “ Pengembangan Herbarium Book Sebagai Media Pembelajaran Biologi Pada Materi Keanekaragaman Hayati Untuk Siswa Kelas X SMA N 1 Muntilan” Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Ika Sukmawati, M.Pd. Pembimbing II Shefa Dwijayanti Ramadani, M.Pd.
Kata kunci: Buku, Herbarium, Keanekaragaman, Media, Pengembangan
Materi keanekaragaman hayati membutuhkan media visual yang mendetail untuk membantu siswa memahami tingkat keanekaragaman hayati. Herbarium book adalah media pembelajaran yang tepat karena akan membantu siswa menganalisis secara langsung karakteristik setiap tumbuhan dan mengelompokkannya dengan mudah ini karena herbarium book memiliki fungsi untuk membantu mengidentifikasi tumbuhan yang memiliki persamaan ciri-ciri morfologinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan herbarium book sebagai media pembelajaran materi keanekaragaman hayati kelas X MIPA SMA N 1 Muntilan serta mengetahui respon pengguna yaitu guru dan peserta didik terhadap media herbarium book ini
Jenis penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan yaitu model Sugiyono yang dibatasi tahapannya hanya 7 tahapan, diantaranya (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) valıdası desain, (5) revısı desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk. Uji coba dilakukan oleh ahli media, ahli materi, satu guru biologi dan 36 siswa kelas X IPA di SMA N 1 Muntilan. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dokumentasi, angket dan teknik karakteristik. Sedangkan teknik analisis data penelitian ini yaitu analisis data hasil uji validitas dan respon tanggapan.
Berdasarkan data hasil analisis angket dengan menghitung persentase pencapaian pada setiap komponen kriteria kelayakan dan uji respon pengguna yaitu guru dan peserta didik terhadap media herbarium book . Media herbarium book yang dikembangkan dinyatakan layak untuk digunakan dengan persentase 85%, 84%,83% (ahlı materi), 100%, 98%, 100% (ahli media) dengan kategori sangat layak serta persentase respon pengguna yaitu guru dan 36 peserta didik 88% (kategori sangat setuju). Dari hasil data tersebut dapat disimpulkan bahwa media herbarium book telah layak dan respon pengguna setuju untuk digunakan sebagai media pembelajaran dalam menunjang proses belajar mengajar pada materi keanekaragaman hayati untuk SMA N 1 Muntilan kelas X.
60-UN57.U1-SPB-IX-2024 | BIOLOGI WID P 2024 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain