Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN BOOKLET MAMALIA PADA RELIEF AVADANA LORONG DUA DI CANDI BOROBUDUR SEBAGAI BAHAN PENGAYAAN MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI
ABSTRAK
Rinati, Yessy. 2024. “Pengembangan Booklet Mamalia Pada Relief Avadana Lorong Dua Di Candi Borobudur Sebagai Bahan Pengayaan Materi Keanekaragaman Hayati”. Pembimbing I Dr. Ericka Darmawan, M.Pd. Pembimbing II Karunia Galih Permadani, M.Sc.
Kata Kunci: Booklet, Candi Borobudur, Mamalia, Relief, Avadana, Keanekaragaman Hayati.
Candi Borobudur terletak di Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang. Pada Candi Borobudur, terdapat pesan mulia yang ditampilkan dengan relief-relief cerita yang dipahat di dinding candi serta dinding pagar langkan. Keanekaragaman mamalia pada relief Candi Borobudur berpotensi sebagai sumber belajar dalam bentuk booklet. Mengacu dari hasil wawancara bersama guru Biologi di SMA Negeri 3 Magelang, sumber belajar di SMA Negeri 3 Magelang memiliki karakteristik antara lain, belum memanfaatkan potensi sekitar, mempunyai konten yang belum mencakup fakta serta fenomena pada kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa booklet hasil identifikasi relief mamalia serta menganalisis kelayakan booklet berdasarkan aspek materi dan media serta mengetahui respon guru biologi serta peserta didik sebagai pengguna di kelas. Teknik penelitian yang dipakai yakni Research and Development (R&D) pada jenis penelitian dan pengembangan yang dipakai yakni model pengembangan 4D yang mencakup tahapan definisi (define), desain (design), pengembangan (develop), serta penyebaran (disseminate). Dalam penelitian ini dibatasi hingga sampai tahap ketiga yakni pengembangan (develop). Analisis kelayakan booklet dilakukan melalui validasi ahli materi serta ahli media. Di samping itu, dilakukan tanggapan guru biologi serta menguji produk pada skala kecil dengan uji keterbacaan serta lembar tanggapan peserta didik. Hasil penelitian yang telah dilakukan di pagar langkan lorong dua Candi Borobudur didapatkan 15 profil mamalia yang ditemukan yaitu gajah asia, kuda, rusa, monyet, badak bercula satu, musang, harimau, babi hutan, kelinci, kerbau, kijang, domba, kambing, sapi dan kucing hutan. Hasil penilaian validator ahli materi dan ahli media berturut-turut sebesar 90,94% dan 95,25% dengan kategori sangat layak. Di samping itu, didapat persentase keterbacaan booklet oleh peserta didik sejumlah 100% tergolong pada kategori tinggi. Hasil uji respon guru biologi terhadap booklet sebesar 80,21% dengan kategori baik dan respon peserta didik sejumlah 86% pada kategori sangat baik. Hal ini menunjukan bila booklet yang dikembangkan layak sesuai dengan standar BSNP.
59-UN57.U1-SPB-IX-2024 | BIOLOGI RIN P 2024 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain