Text
SKRIPSI IDENTIFIKASI KUALITAS AIR SUNGAI AKIBAT PENCEMARAN LIMBAH CAIR TAHU DI DESA MEJING MENGGUNAKAN METODE BIOTILIK SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI BOOKLET
ABSTRAK
Riyanda, Resta Anisa. 2024. “Identifikasi Kualitas Air Sungai Akibat Pencemaran Limbah Cair Tahu di Desa Mejing Menggunakan Metode Biotilik Sebagai Sumber Belajar Biologi Booklet”. Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Serafica Btari Christiyani Kusumaningrum, M.Sc., Pembimbing II Ika Sukmawati, M.Pd.
Kata Kunci: Biotilik, Booklet, Identifikasi Kualitas Air, Pencemaran Air, Sumber Belajar Biologi
Indonesia adalah negara yang mengimplementasikan perlindungan lingkungan yang baik bagi masyarakatnya. Namun kenyataannya masih banyak masyarakat Indonesia yang mengabaikan lingkungan di sekitarnya contohnya pencemaran air yang salah satunya diakibatkan oleh limbah industri tahu. Untuk mengetahui permasalahan di lingkungan sekitar terdapat metode-metode yang sederhana untuk mengetahui tingkat kualitas lingkungan di sekitar, contohnya metode Biotilik untuk melihat tingkat kualitas air. Praktik ini dapat dikemas dalam bentuk sumber belajar yang menarik dan dapat digunakan secara mandiri seperti booklet yang kemudian dapat diimplementasikan dimulai dari peserta didik di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil identifikasi kualitas air yang ada di sungai Desa Mejing akibat akibat pencemaran limbah cair tahu menggunakan metode Biotilik dan hasilnya dikembangkan menjadi sumber belajar dalam bentuk booklet yang akan diketahui kelayakan dengan validator, respon guru dan respon peserta didik. Model penelitian dimana dipakai yakni Research and Development (R&D) dengan jenis penelitian serta pengembangan yang dipakai yakni model pengembangan 4D yang dimodifikasi menjadi 3D dimana mencakup tahapan makna (define), desain (design), serta pengembangan (develop). Hasil penelitian eksplorasi ditemukan 5 jenis makroinvertebrata, mendapatkan skor 1 guna analisis Biotilik pada kategori tercemar sangat berat. Analisis kelayakan booklet dijalankan melalui validasi ahli materi serta ahli media. Selain itu dijalankan, dijalankan tanggapan guru biologi serta menguji produk dalam skala kecil memakai uji keterbacaan serta tanggapan oleh peserta didik. Hasil validasi booklet mendapat rerata tanggapan sejumlah 83,2% pada kategori sangat layak serta persentase keterbacaan booklet sejumlah 92% pada kategori tinggi. Booklet yang sudah dikembangkan sebagai sumber belajar biologi pada materi pencemaran air bisa dipakai guna menambah wawasan serta menjadi pendorong sumber belajar yang lain dalam pembelajaran bagi pencemaran air yang diakibatkan oleh limbah cair tahu yang ada di sungai Desa Mejing.
58-UN57.U1-SPB-IX-2024 | BIOLOGI RIY I 2024 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain