Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KONTEKSTUAL BERBANTUAN ARTICULATE STORYLINE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS PADA MATERI STATISTIKA TERHADAP SISWA SMP
ABSTRAK
Masyitoh, Rathma. 2024. “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Kontekstual Berbantuan Articulate Storyline untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis pada Materi Statistika terhadap Siswa SMP”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Megita Dwi Pamungkas, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Moh. Rikza Muqtada, M.Pd.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Articulate Storyline, Kontekstual, Literasi Matematis, Statistika.
Kemampuan literasi matematis mengacu pada kemampuan menyelesaikan situasi yang memerlukan penggunaan matematika dalam kehidupan nyata. Seseorang perlu memiliki keterampilan matematika dalam berbagai situasi. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru matematika, rendahnya kemampuan literasi matematis siswa di kelas VIII dapat dilihat pada saat ketidakmampuan siswa mengerjakan soal cerita terkait masalah kontekstual. Hal ini diperkuat oleh hasil nilai tes awal siswa dengan rata–rata 13,47 yang tergolong dalam kategori rendah. Peraturan di SMP Negeri 2 Secang mengizinkan siswanya membawa smartphone, tetapi penggunaannya belum dimaksimalkan dalam pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi validitas, praktikalitas, serta efektivitas pada media pembelajaran matematika kontekstual berbantuan articulate storyline. Media pembelajaran pada materi statistika ini digunakan untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII B di SMP Negeri 2 Secang.
Metode penelitian 4D (Four D) yaitu Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran) merupakan penelitian pengembangan yang dilakukan pada penelitian ini. Media pembelajaran ini dikembangkan dengan menggunakan articulate storyline. Materi statistika dalam media pembelajaran disajikan dengan pendekatan kontekstual.
Melalui penelitian ini diperoleh media pembelajaran matematika kontekstual dengan menggunakan articulate storyline dalam format aplikasi untuk android. Hasil analisis yang didapatkan memenuhi syarat valid dengan nilai kevalidan materi sebesar 0,70, dan kevalidan media sebesar 0,73 dengan kriteria valid. Memenuhi syarat praktis sebesar 75,05% berdasarkan angket respon siswa, 84,62% angket respon guru, dan total kevalidan yang diperoleh sebesar 75,38% dengan katergori sangat praktis. Media pembelajaran juga memenuhi syarat efektif sebesar 0,67 dalam kategori sedang.
Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa media memenuhi syarat valid dengan kategori valid, memenuhi syarat praktis dengan kategori sangat praktis, dan memenuhi syarat efektif dengan kategori sedang. Saran untuk pembaca adalah diharapkan adanya pengembangan lebih lanjut pada articulate storyline dengan berbagai kemampuan matematika dan materi yang lain sebagai inovasi media pembelajaran.
98-UN57.U1-SPM-VIII-2024 | MATEMATIKA MAS P 2024 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain