Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) BERBANTUAN KAHOOT TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA
ABSTRAK
Muslihatun, Anif. 2024.” Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) berbantuan Kahoot terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Nina Agustyaningrum, M.Pd., Pembimbing II Paskalia Pradanti, M.Pd.
Kata Kunci: Pengaruh, Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS), Kahoot, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis.
Kemampuan pemahaman konsep merupakan kemampuan yang sangat diperlukan siswa saat mempelajari matematika. Penyebabnya dengan memiliki kemampuan tersebut siswa dapat memahami suatu konsep dalam matematika sehingga dapat menyelesaikan permasalahan yang terjadi. Pada faktanya berdasarkan hasil tes kemampuan awal, kemampuan pemahaman konsep pada siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Magelang masih tergolong rendah. Tujuan dari penelitian ini, yaitu (1) menganalisis kemampuan pemahaman konsep matematis yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) berbantuan Kahoot lebih baik dibandingkan dengan kemampuan pemahaman konsep matematis yang diajarkan dengan menerapkan model pembelajaran langsung; (2) menganalisis peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) berbantuan Kahoot; (3) menganalisis peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis yang diajarkan menggunakan model pembelajaran langsung. Penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi experiment dengan pretestposttest control group design. Populasi dari penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 12 Magelang sejumlah 200 siswa. Teknik sampel yang digunakan yaitu cluster random sampling. Sampel yang terpilih yaitu kelas VIII B sebagai kelas eksperimen, kelas VIII A sebagai kelas kontrol, dan kelas IX C sebagai kelas uji coba. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes, angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui uji independent sample t-test untuk hipotesis I serta hipotesis II dan III menggunakan uji paired sample t-test dan analisis N-Gain.
...
90-UN57.U1-SPM-VIII-2024 | MATEMATIKA MUS P 2024 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain