Text
SKRIPSI EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MURDER (MOOD, UNDERSTAND, RECALL, DIGEST, EXPAND, REVIEW) BERBASIS EDUTAINMENT TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS XI
ABSTRAK
Putri, Dina Eki Pratiwi. 2024. “Efektivitas Model Pembelajaran MURDER (Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Review) Berbasis Edutainment terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas XI”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Yesi Franita, S, Si., M.Sc., Pembimbing II Moh. Rikza Muqtada, M.Pd.
Kata Kunci: Edutainment, MURDER (Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Review), Kemampuan Penalaran Matematis.
Kemampuan penalaran matematis merupakan suatu kemampuan menggunakan aturan-aturan atau logika berdasarkan pada informasi yang sudah diketahui untuk mendapatkan suatu kesimpulan yang benar. Pentingnya pemilikan kemampuan penalaran matematis membantu individu untuk mengingat fakta, aturan dan langkah-langkah penyelesaian masalah, juga menggunakan keterampilan bernalarnya dalam melakukan pendugaan atas dasar pengalamannya. Penelitian ini didasarkan pada hasil tes kemampuan awal penalaran matematis siswa, yang mana didapatkan fakta bahwa kemampuan penalaran matematis siswa kelas XI SMA Negeri 5 Magelang tergolong dalam kategori rendah. Rendahnya kemampuan penalaran matematis siswa disebabkan karena beberapa masalah berdasarkan fakta yang ditemukan selama penggunaan model pembelajaran matematika di dalam kelas. Pada pelaksanaannya, penelitian ini memiliki beberapa tujuan. Penelitian ini bertujuan (1) menganalisis ketuntasan secara klasikal kemampuan penalaran matematis siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran MURDER (Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Review) berbasis Edutainment, (2) menganalisis ketuntasan secara klasikal kemampuan penalaran matematis siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran langsung, dan (3) menganalisis keefektifan model pembelajaran MURDER (Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Review) berbasis Edutainment dibandingkan dengan model pembelajaran langsung terhadap kemampuan penalaran matematis siswa kelas XI. Desain quasi experimental digunakan dalam metode penelitian kuantitatif ini dengan bentuk the nonequivalent posttest-only control group design. Dengan pemilihan cluster random sampling didapatkan kelas XI F7 sebagai sampel kelas eksperimen diberikan model pembelajaran MURDER berbasis Edutainment dan kelas XI F8 sebagai sampel kelas kontrol diberikan model pembelajaran langsung. Data penelitian dikumpulkan melalui posttest untuk mengukur kemampuan penalaran matematis. Analisis data menggunakan uji prasyarat, terdiri dari uji normalitas menggunakan uji Liliefors, homogenitas menggunakan uji F, dan uji kesamaan rerata menggunakan uji independent sample t-test. Untuk menguji hipotesis, digunakan uji proporsi z dan uji independent sample t-test.
...
89-UN57.U1-SPM-VIII-2024 | MATEMATIKA PUT E 2024 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain