Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) BERBANTUAN MATH QUESTION CARD TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP
ABSTRAK
Oktavi, N. S. 2024. “Pengaruh Model Pembelajaran STAD (Student Team Achievement Division) Berbantuan Math Question Card Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Syita Fatih ‘Adna, S.Pd., M.Sc., Pembimbing II Dita Aldila Krisma, M.Pd.
Kata Kunci: Pengaruh, Model Pembelajaran STAD, Math Question Card, Kemampuan Pemahaman Konsep.
Matematika adalah suatu cabang ilmu pengetahuan paling dasar. Matematika sebagai mata pelajaran yang diberikan di semua tingkat pendidikan dan penerapannya banyak digunakan sehari-hari. Kemampuan pemahaman konsep adalah kemampuan penting pada proses pembelajaran. Kemampuan ini sebagai dasar siswa dalam mempelajari suatu materi agar dapat memahami materi selanjutnya. Hasil tes awal di MTs Negeri 2 Magelang menunjukkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII termasuk dalam kategori kurang, yaitu sebesar 37,92%.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ketuntasan klasikal kemampuan pemahaman konsep siswa yang diajarkan model pembelajaran STAD berbantuan math question card pada materi segi empat, ketuntasan klasikal kemampuan pemahaman konsep siswa yang diajarkan model pembelajaran langsung pada materi segi empat, dan menganalisis perbandingan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajarkan model pembelajaran STAD berbantuan math question card dengan siswa yang diajarkan model pembelajaran langsung pada materi segi empat.
Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif. Desain penelitiannya adalah quasi experiental dengan bentuk the nonequivalent posttest-only control group design. Pengambilan sampel secara acak dengan teknik cluster random sampling. Sampel penelitian ini, yaitu 35 siswa kelas VII A dan 35 siswa kelas VII B. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pedoman wawancara, lembar observasi, dan soal tes. Analisis data awal menggunakan dua uji prasyarat, yaitu uji normalitas, uji homogenitas serta uji keseimbangan rerata uji Independent Sample t-Test. Analisis data akhir dilakukan menggunakan uji prasyarat serta pengujian hipotesis dengan uji z dan uji Independent Sample t-Test.
88-UN57.U1-SPM-VIII-2024 | MATEMATIKA OKT P 2024 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain