Text
SKRIPSI KEEFEKTIFAN MODEL INQUIRY BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DI SMP KELAS VIII
ABSTRAK Basuki, Bagas Setya. 2024. “Keefektifan Model Inquiry Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di SMP Kelas VIII”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tidar, Pembimbing I Zuida Ratih Hendrastuti, M.Pd. Pembimbing II Megita Dwi Pamungkas, M.Pd.
Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Model Inquiry Based Learning (IBL), Pembelajaran Langsung.
Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan kemampuan yang penting untuk siswa kuasai. Hal ini dikarenakan membantu siswa untuk berpikir secara sistematis dan terstruktur dalam memecahkan masalah. Hasil tes awal kemampuan pemecahan matematis di SMP N 1 Secang pada kelas VIII D dan VIII F didapat nilai rata-rata 46,1875 dan 44,89655. Nilai kemampuan pemecahan masalah matematis di kelas VIII pada SMP N 1 Secang dikategorikan rendah. Rendahnya hasil tes kemampuan awal pemecahan matematis siswa dari hasil wawancara disebabkan karena model pembelajaran guru yang kurang inovasi. Untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa diperlukan model pembelajaran yang tepat. Model inquiry based learning merupakan model penelitian yang digunakan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Penelitian ini bertujuan untuk (1)menganalisis ketuntasan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajarkan dengan model inquiry based learning secara klasikal, (2)menganalisis ketuntasan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung secara klasikal (3)menganalisis efektivitas model inquiry based learning dibandingkan dengan model pembelajaran langsung terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Desain penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan memakai desain post-test control group design. Cluster random sampling digunakan dalam memilih dua kelas sampel pada kelas VIII di SMP Negeri 1 Secang. Data penelitian ini dikumpulkan melalui tes kemampuan pemecahan masalah matematis, observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Selanjutnya data yang sudah dikumpulkan dianalisis menggunakan uji statistik Z dan uji t menggunakan bantuan program Microsoft excel.
...
113-UN57.U1-SPM-X-2024 | MATEMATIKA BAS K 2024 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain