Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN LKPD TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK
ABSTRAK
Arganita, Desinta Irna. 2024. “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan LKPD terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Nina Agustyaningrum, M. Pd., Pembimbing II Moh. Rikza Muqtada, M. Pd.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, LKPD, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis
Kemampuan pemahaman konsep merupakan kemampuan yang penting bagi peserta didik dalam pembelajaran. Dengan kemampuan tersebut, peserta didik dapat belajar matematika bukan hanya dengan menghafalkan rumus namun juga memahami konsep awal sehingga dapat menyelesaikan masalah matematis. Berdasarkan hasil tes kemampuan awal, kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 1 Grabag masih tergolong rendah. Hal tersebut terjadi karena model pembelajaran yang digunakan masih berpusat pada guru, sehingga peserta didik berperan pasif.
Tujuan dari penelitian ini ada tiga. Pertama, menganalisis ketuntasan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan LKPD. Kedua, menganalisis ketuntasan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung. Ketiga, menganalisis kemampuan pemahaman konsep matematis yang menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan LKPD dibandingkan dengan yang menerapkan model pembelajaran langsung.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen semu berbentuk the nonequivalent posttest only control group design. Populasi penelitian adalah kelas XI IPS SMA Negeri 1 Grabag tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 144 peserta didik. Sampel dipilih menggunakan teknik cluster random sampling kemudian diperoleh kelas XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 4 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi, pedoman wawancara, tes, dan lembar validasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, tes, angket, dan dokumentasi.
...
112-UN57.U1-SPM-IX-2024 | MATEMATIKA ARG P 2024 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain