PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN LKPD TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK

DESINTA IRNA ARGANITA - Nama Orang;

ABSTRAK
Arganita, Desinta Irna. 2024. “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan LKPD terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Nina Agustyaningrum, M. Pd., Pembimbing II Moh. Rikza Muqtada, M. Pd.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, LKPD, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis
Kemampuan pemahaman konsep merupakan kemampuan yang penting bagi peserta didik dalam pembelajaran. Dengan kemampuan tersebut, peserta didik dapat belajar matematika bukan hanya dengan menghafalkan rumus namun juga memahami konsep awal sehingga dapat menyelesaikan masalah matematis. Berdasarkan hasil tes kemampuan awal, kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 1 Grabag masih tergolong rendah. Hal tersebut terjadi karena model pembelajaran yang digunakan masih berpusat pada guru, sehingga peserta didik berperan pasif.
Tujuan dari penelitian ini ada tiga. Pertama, menganalisis ketuntasan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan LKPD. Kedua, menganalisis ketuntasan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung. Ketiga, menganalisis kemampuan pemahaman konsep matematis yang menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan LKPD dibandingkan dengan yang menerapkan model pembelajaran langsung.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen semu berbentuk the nonequivalent posttest only control group design. Populasi penelitian adalah kelas XI IPS SMA Negeri 1 Grabag tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 144 peserta didik. Sampel dipilih menggunakan teknik cluster random sampling kemudian diperoleh kelas XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 4 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi, pedoman wawancara, tes, dan lembar validasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, tes, angket, dan dokumentasi.
...


Ketersediaan
112-UN57.U1-SPM-IX-2024MATEMATIKA ARG P 2024Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
MATEMATIKA ARG P 2024
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2024
Deskripsi Fisik
XIX;233HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
510
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_MATEMATIKA
FAKULTAS_KEGURUAN_DAN_ILMU_PENDIDIKAN
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULLTEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik