Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL MEANS ENDS ANALYSIS BERBASIS TUGAS SUPERITEM TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DITINJAU DARI RESILIENSI MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP N 2 MUNGKID
ABSTRAK
Maharani, Nabiila‟ Azmi. 2024. “Pengaruh Model Means Ends Analysis Berbasis Tugas Superitem Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau dari Resiliensi Matematis Siswa Kelas VII SMP N 2 Mungkid”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Syita Fatih „Adna, S.Pd., M.Sc., Pembimbing II Arifta Nurjanah, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: kemampuan pemecahan masalah, model Means Ends Analysis, MEA, tugas superitem, resiliensi matematis.
Aspek terpenting dalam mempelajari matematika adalah kemampuan pemecahan masalah. Siswa perlu memiliki pengetahuan dan bakat yang diperlukan untuk memecahkan teka-teki matematika, yang membantu pengembangan penalaran kritis, analitis, kreatif, praktis, dan teliti. Temuan tes kemampuan awal siswa kelas VII di SMP N 2 Mungkid menunjukkan bahwa sebanyak 90,16 % siswa masih memiliki kemampuan pemecahan masalah yang rendah. Selain itu, siswa kurang berpartisipasi secara aktif dalam pembelajaran.
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran terhadap kemampuan pemecahan masalah, yaitu apakah siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model Means Ends Analysis berbasis tugas superitem memiliki kemampuan pemecahan masalah siswa yang lebih baik dibandingkan siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran langsung; untuk mengetahui pengaruh resiliensi terhadap kemampuan pemecahan masalah, yaitu apakah siswa resiliensi matematis tinggi memiliki kemampuan pemecahan masalah yang lebih baik dibandingkan siswa resiliensi matematis sedang dan rendah, serta menganalisis apakah siswa resiliensi matematis sedang memiliki kemampuan pemecahan masalah yang lebih baik dibandingkan siswa resiliensi matematis rendah, serta menganalisis apakah terdapat ineraksi antara model pembelajaran MEA berbasis tugas superitem dan resiliensi matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian quasi experiment design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 2 Mungkid. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling yang kemudian diperoleh dua kelas yaitu kelas VII B sebagai kelas kontrol dan kelas VII C sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji anava dua jalan, dan uji lanjut pasca anava dengan metode scheffe.
...
111-UN57.U1-SPM-X-2024 | MATEMATIKA MAH P 2024 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain