Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SURVEY, QUESTION, READ, RECITE AND REVIEW (SQ3R) BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII
ABSTRAK
Ardelia, Hemas Nabila. 2024. “Pengaruh Model Pembelajaran Survey, Question, Read, Recite and Review (SQ3R) berbantuan mind mapping terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII ”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Aprilia Nurul Chasanah, S.Pd., M.Pd., Pembimbing 2 Syita Fatih „Adna, S.Pd., M.Sc.
Kata Kunci: Mind Mapping, Kemampuan Komunikasi Matematis, SQ3R
Komunikasi matematis sangat penting untuk siswa pada pasa pembelajaran Abad 21 ini karena di Abad ini siswa dituntut untuk mempunyai kemampuan komunikasi matematis. Pengaruh daripada abad 21 ini akan berefek dan memberikan pelajaran pada abad-abad selanjutnya. Pentingnya kemampuan komunikasi matematis belum sebanding dengan kemampuan komunikasi matematis yang dimiliki siswa. Hal tersebut dialami siswa kelas VIII tahun ajaran 2022/2023 SMP N 1 Bandongan yang mempunyai rendahnya kemampuan komunikasi matematis. Hal tersebut diperkuat dengan hasil tes kemampuan awal yang masih tergolong rendah yang termuat pada interval dengan rata-rata 40,6 dengan jumlah 60 siswa pada dua kelas. Rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa disebabkan kurangnya inovasi model pembelajaran. Dalam upaya menyikapi masalah komunikasi matematis siswa, model pembelajaran memiliki peranan penting dalam mengembangkan kemampuan komunikasi matematis siswa yaitu dengan menerapkan model pembelajaran Survey, Question, Read, Recite and Review (SQ3R) berbantuan mind mapping. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ketuntasan klasikal kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan menggunakan model permbelajaran Survey, Question, Read, Recite and Review (SQ3R) berbantuan mind mapping dan ketuntasan klasikal kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran langsung. Selain itu penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan komunikasi matematis siswa SMP kelas VIII yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Survey, Question, Read, Recite and Review (SQ3R) berbantuan mind mapping dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran langsung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif berupa kuasi-eksperimen dengan menggunaan desain posttest only control group. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Bandongan. Dengan teknik cluster random sampling, diperoleh dua kelas sebagai sampel penelitian dengan kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII F sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis data awal berupa uji normalitas, uji homogenitas, uji kesamaan rerata dan analisis data akhir berupa uji hipotesis 1 menggunakan uji z, uji hipotesis 2 menggunakan uji z dan uji hipotesis 3 menggunakan uji inpendent sample t test
111-UN57.U1-SPM-IX-2024 | MATEMATIKA ARR P 2024 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain