Text
SKRIPSI PENGALAMAN PENGGUNA APLIKASI INDODAX (STUDI KUALITATIF TERKAIT USER INTERFACE (UI) DAN USER EXPERIENCE (UX) APLIKASI INDODAX)
ABSTRAK
(Tri Wantoro, 2024):
PENGALAMAN PENGGUNA APLIKASI INDODAX
(Studi Kualitatif Terkait User Interface (UI) dan
User Experience (UX) Aplikasi Indodax)
Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik,
Universitas Tidar
Aplikasi Indodax sebagai market leader platform bursa crypto di Indonesia dengan jumlah rating dan pengguna terbanyak tidak terlepas dari evaluasi UI/UX. Tujuan dalam penelitian ini untuk menjabarkan pengalaman pengguna aplikasi Indodax. Teori atau konsep yang digunakan adalah Teori Perilaku Konsumen, Desain Komunikasi Visual, User Interface (UI), dan User Experience (UX). Tipe penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan tipe data kualitatif. Teknik pengumpulan data, yaitu melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan analisis data kualitatif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukan bahwa keputusan penggunaan aplikasi berdasarkan pengalaman pengguna, yaitu sebelum menggunakan aplikasi, pengguna melakukan riset terkait aplikasi Indodax pada laman Google, kolom komentar di Play Store, dan sharing dengan rekan individu maupun kelompok sesama trader crypto. Berdasarkan hasil riset yang didapat terkait keunggulan dari aplikasi dibanding aplikasi bursa crypto lain kemudian pengguna memilih menggunakan aplikasi Indodax. Kemudian muncul perilaku paska penggunaan, yaitu rasa kepuasan atau ketidakpuasan yang mempengaruhi keputusan penggunaan aplikasi. Terkait kualitas UI/UX aplikasi Indodax terdapat permasalahan, yaitu desain yang terlalu monoton, akses User Interface (UI) dengan efisiensi langkah yang rumit pada saat login, server error, sering logout akun tiba-tiba, proses withdraw yang sulit, koin maintenance, biaya potongan yang terlalu tinggi, tidak ada fitur chat layanan & aksesibilitas, serta customer service yang slow respon dan tidak menjawab keluhan pengguna hingga membuat pengguna mengalami kerugian kehilangan aset crypto yang dimiliki. Dengan demikian, keputusan penggunaan aplikasi Indodax dilakukan berdasarkan kepuasan atau ketidakpuasan terkait pengalaman pengguna ketika mengakses desain UI/UX aplikasi berdasarkan kualitas sistem pelayanan dan keunggulan dari aplikasi Indodax.
Kata kunci: Aplikasi Indodax, Crypto, Pengalaman Pengguna, User Experience (UX), User Interface (UI)
40-UN57.U1-SIK-IX-2024 | KOMUNIKASI WAN P 2024 | Ruang Skripsi (KOMUNIKASI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain