Text
SKRIPSI INOVASI PELAYANAN PERPANJANGAN SIM MELALUI PROGRAM SIMBOOK (SIM BOOKING) DI SATUAN PENYELENGGARA ADMINISTRASI POLRES KOTA MAGELANG
ABSTRAK
INOVASI PELAYANAN PERPANJANGAN SIM MELALUI PROGRAM SIMBOOK (SIM BOOKING) DI SATUAN PENYELENGGARA ADMINISTRASI POLRES KOTA MAGELANG
Agustine Lucky Ayudyawardani (2010201152)
Jurusan Ilmu Administrasi Negara
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Tidar
Inovasi dalam pelayanan menjadi hal yang penting demi kelancaran pelayanan yang diberikan oleh instansi pemberi layanan. Satlantas Magelang Kota meluncurkan inovasi program perpanjangan SIM yaitu SIMBOOK, hadir dengan pelayanan yang cepat, efektif, efisien, dan mudah dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat sejauh mana inovasi program SIMBOOK dalam melakukan pelayanannya memperpanjang SIM. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang di analisa menggunakan teori inovasi yang di kemukakan oleh Everett. M Rogers. Teori inovasi ini memiliki 5 aspek yang akan di teliti yaitu keuntuangan relatif (relative advantage), kesesuaian (compatibility), kerumitan (complexity), kemudahan diuji coba (trialbility), kemudahan diamati (observability). Hasil dari penelitian berdasarkan aspek yang di teliti adalah inovasi program SIMBOOK sudah memberi keuntungan ke masyarakat, sesuai dengan kebutuhan masyarakat, pelayanan perpanjangan yang cepat, akan tetapi pihak dari instansi kurang dalam mensosialisasikan mengenai keberadaan inovasi program SIMBOOK, sehingga pengguna dari tahun 2022 tidak cenderung banyak. Hal ini bisa terjadi karena pihak instansi tidak melakukan uji coba langsung ke masyrakat hanya pada kerabat dekat pegawai yang bertugas.
Kata Kunci : Inovasi Pelayanan, Kota Magelang, SIMBOOK
81-UN57.U1-SSP-IX-2024 | ADMINISTRASINEGARA AYU I 2024 | Ruang Skripsi (ADMINISTRASI NEGARA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain