Text
SKRIPSI MANAJEMEN KAMPANYE “JO KAWIN BOCAH” DPPPAPPKB DI KABUPATEN TEMANGGUNG
ABSTRAK
(Annisa Juliasari, 2024): MANAJEMEN KAMPANYE “JO KAWIN BOCAH” DPPPAPPKB DI KABUPATEN TEMANGGUNG Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tidar DPPPAPPKB telah menyelenggarakan kampanye “Jo Kawin Bocah” akan tetapi masih terdapat kekurangan dalam pelaksanaannya sehingga diperlukan analisis manajemen kampanye. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen kampanye yang terjadi pada program kampanye “Jo Kawin Bocah” di Kabupaten Temanggung. Teori atau konsep yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah Model 9 Stages of Strategic Public Relations oleh Roland D. Smith, Manajemen Kampanye, dan Kampanye Kesehatan. Metode yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan tipe data kualitatif. Hasil penelitian ini didapatkan pada tahap perencanaan hanya menggunakan data penelitian sekunder, kurang identifikasi kelemahan dan kekurangan organisasi, dan publiknya remaja usia sekolah kelas 1 sampai 3 SMP dan SMA yang berada di Kabupaten Temanggung. Pada tahap pengelolaan tujuan kampanye diketahui edukasi pernikahan dini pada remaja usia sekolah SMP dan SMA di Kabupaten Temanggung digunakan sebagai upaya pencegahan dengan metode sosialisasi dan seminar. Pada tahap pelaksanaan kampanye kurang memaksimalkan media sosial dan media luar meski penjadwalan dan penganggaran biaya telah dipersiapkan. Sedangkan pada tahap evaluasi kampanye hanya mengandalkan data jumlah pernikahan dini dari Pengadilan Agama.
Kata kunci: DPPPAPPKB, Jo Kawin Bocah, Kampanye, Manajemen, Pernikahan Dini
41-UN57.U1-SIK-X-2024 | KOMUNIKASI JUL M 2024 | Ruang Skripsi (KOMUNIKASI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain