Text
SKRIPSI ANALISIS KELAYAKAN ISI DAN BAHASA BUKU TEKS BAHASA INDONESIA KELAS VIII SMP/ MTS KURIKULUM MERDEKA TERBITAN KEMENDIKBUD TAHUN 2022
ABSTRAK
Trapsila, Titiek Laras. 2024. “Analisis Kelayakan Isi dan Bahasa Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP/MTs Kurikulum Merdeka Terbitan Kemendikbud Tahun 2022.” Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Dr. Mimi Mulyani, M.Hum. Pembimbing II Herpindo, S.Pd., M.Hum.
Kata Kunci: Buku Teks, Kelayakan Bahasa, Kelayakan Isi, Kurikulum Penelitian ini dilatarbelakangi oleh buku teks sebagai sebuah faktor yang memengaruhi proses keberhasilan pembelajaran peserta didik. Buku teks dinyatakan layak digunakan jika memenuhi seluruh kriteria penilaian kelayakan isi dan bahasa. Akan tetapi, adanya peralihan Kurikulum Merdeka juga turut mengubah perangkat pembelajaran, sehingga perlu dilakukan adaptasi khususnya buku teksnya. Sebab buku teks yang diterbitkan dengan kurikulum baru perlu diketahui kualitas kelayakan buku teks tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menemukan (1) kelayakan isi buku teks Bahasa Indonesia kelas VIII SMP/MTs Kurikulum Merdeka terbitan Kemendikbud, dan (2) kelayakan bahasa buku teks Bahasa Indonesia kelas VIII SMP/MTs Kurikulum Merdeka terbitan Kemendikbud. Metode yang digunakan penelitian ini yakni pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data pada penelitian ini berbentuk buku teks Bahasa Indonesia SMP/MTs kelas VIII Kurikulum Merdeka terbitan Kemendikbud tahun 2022. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yakni teknik analisis isi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kelayakan isi buku teks pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP/MTs Kurikulum Merdeka terbitan Kemendikbud dikategorikan layak pada persentase 70,38%. Dengan secara keseluruhan, materi yang ditampilkan cenderung padat, singkat, jelas dan sesuai dengan capaian pembelajaran pada Kurikulum Merdeka. Sementara, hasil kelayakan bahasa buku teks pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP/MTs Kurikulum Merdeka terbitan Kemendikbud dikategorikan sangat layak pada persentase 92,71%. Hal ini ditunjukkan pada pemakaian bahasa yang disajikan sesuai pada tingkat perkembangan intelektual dan sosial emosional. Melalui penelitian ini, analisis kelayakan buku teks berguna bagi pendidik guna memilih buku teks yang akan digunakan. Hal ini supaya materi yang disampaikan lebih fokus serta terarah sesuai capaian pembelajaran. Analisis kelayakan buku teks tetap perlu dilanjutkan, karena kelayakan buku teks yang satu dengan yang lain tidak bisa disamaratakan dan memiliki kelayakan yang berbeda.
87-UN57.U1-SIN-X-2024 | INDONESIA TRA A 2024 | Ruang Skripsi (BAHASA INDONESIA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain