Text
SKRIPSI PERBANDINGAN METODE EKSPERIMEN VIRTUAL DAN EKSPERIMEN REAL MENGGUNAKAN REAL WORLD PROBLEM DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS
ABSTRAK
Divantari, B. S. (2024). “Perbandingan Metode Eksperimen Virtual dan Eksperimen Real Menggunakan Real World Problem dalam Meningkatkan Keterampilan Proses Sains”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Eli Trisnowati, S.Pd., M.Pd., Pebimbing II Nuryunita Dewantari, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Eksperimen Virtual, Eksperimen Real, KPS dasar Proses pembelajaran akan selalu berkembang dan guru tidak memungkinkan untuk bisa mengajarkan keseluruhan konsep yang ada sehingga siswa memerlukan suatu keterampilan yang mampu melibatkan dan mengembangkan kognitif, manual, sosial dan keterampilan ilmiah sehingga mampu meningkatkan pengetahuan siswa yang telah ada dan mendapatkan pengetahuan baru. KPS dasar harus dimiliki oleh seorang pelajar SMP, namun KPS yang dimiliki oleh siswa SMP masih tergolong rendah. Dalam upaya mengembangkan KPS yang dimiliki oleh siswa perlu dilakukannya kegiatan eksperimen atau observasi yang dapat dilakukan pada suatu praktikum. Metode eksperimen sendiri dibedakan kedalam metode eksperimen virtual dan real yang mana keduanya memiliki kelebihan serta kelebihannya masing-masing dalam menigkatkan KPS dasar siswa. Upaya peningkatan KPS selain dengan menggunakan pembelajaran metode eksperimen, dapat mengaitkan pembelajaran eksperimen tersebut dengan suatu permasalahan yang ada karena KPS sendiri menjadi kemampuan dan kompetensi yang berguna sebagai alat dalam pembelajaran IPA seperti melakukan pemecahan suatu masalah. Oleh karena itu diperlukan kombinasi menggunakan suatu permasalahan seperti digunakannya Real World Problem (permasalahan dunia nyata) sehingga menjadi lebih efektif untuk meningkatkan KPS. Tujuan dilakuannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbandingan keefektifan metode ekserimen virtual dan real menggunakan Real World Problem dalam meningkatkan KPS siswa SMP. Pendekatan kuantitatif digunakan pada penelitian ini dengan jenis penelitian true experimental, desain penelitian berupa pretest dan posttest control gorup design dilakukan di dua kelas VIII pada SMPN 2 Mertoyudan. Dari hasil pretest dan posttest yang telah dilakukan akan diolah hingga mendapatkan nilai gain dari kedua kelas dan nilai gain tersebut yang digunakan untuk uji prasyarat (normalitas dan homogenitas) sebelum dilakukannya uji hipotesis. Didapatkan bahwa nilai gain kedua kelas eksperimen bersifat normal dan homogen. Uji independent t-test didapatkan nilai sig. sebesar 0,216 yang menandakan bahwa kedua kelas tidak ditemukan perbedaan yang signifikan dalam meningkatkan KPS dasar. Selanjutnya dilakukan uji N-Gain dan didapatkan nilai N-Gain sebesar 0,61 pada kelas eksperimen virtual dan 0,52 pada kelas eksperimen real. Oleh karena itu hasil dari penelitian ini mendapatkan bahwa kedua metode eksperimen tidak terdapat perbedaan yang signifikan dalam meningkatkan KPS dasar namun berdasarkan nilai N-gain dapat menunjukkan bahwa kedua kelas eksperimen sama-sama dapat meningkatkan KPS siswa dengan nilai yang tidak jauh berbeda.
96-UN57.U1-SI-IX-2024 | IPA DIV P 2024 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain