Text
SKRIPSI EFEKTIVITAS MODEL ELICITING ACTIVITIES (MEAs) BERBANTUAN APPLET GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS X
ABSTRAK
Premastin, Olivia L. 2024. “Efektivitas Model Eliciting Activities (MEAs) Berbantuan Applet Geogebra terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas X”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Fadhilah Rahmawati, M. Pd., Pembimbing II Arifta Nurjanah, M. Pd.
Kata Kunci : Applet Geogebra, Kemampuan Pemecahan Masalah, Model Eliciting ActivitiesKemampuan pemecahan masalah yakni kemampuan seseorang menyelesaikan masalah matematika nonrutin melalui pengetahuan, logika, serta penalaran matematika. Hasil tes awal pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Kota Magelang menunjukkan kemampuan pemecahan masalah siswa masih sangat rendah. Hasil observasi di kelas menunjukkan bahwa siswa masih belum paham dengan materi yang dijelaskan dan belum dapat menyelesaikan soal yang diberikan guru serta adanya keterbatasan penggunaan media pembelajaran pada materi tertentu. Maka, dibutuhkan model pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan pemecahan masalah siswa dan memanfaatkan media pembelajaran tertentu sehingga peneliti memilih model pembelajaran Model Eliciting Activities (MEAs) berbantuan applet Geogebra.Penelitian dimaksudkan untuk menganalisis ketuntasan kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajarkan dengan Model Eliciting Activities (MEAs) berbantuan applet Geogebra secara klasikal dan menganalisis ketuntasan kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung secara klasikal. Di samping itu, penelitian ini juga menganalisis peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajar dengan model pembelajaran Model Eliciting Activities (MEAs) berbantuan applet Geogebra dan siswa yang diajar dengan model pembelajaran langsung.Metode penelitian yang dipakai yakni kuantitatif dengan desain penelitian quasi experimental berbentuk non-equivalent pretest-posttest control group design. Pengambilan sampel dilakukan secara acak melalui metode cluster random sampling. Adapun kelas yang terpilih ialah kelas X-3 menjadi kelas kontrol dan kelas X-6 menjadi kelas eksperimen. Instrumen penelitian mencakup lembar observasi, pedoman wawancara, lembar validasi, serta tes kemampuan pemecahan masalah. Teknik pengumpulan data mencakup observasi, wawancara, tes, angket, dan dokumentasi.
115-UN57.U1-SPM-X-2024 | MATEMATIKA PRE E 2024 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain