Text
SKRIPSI EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEMBASED LEARNING BERBANTUAN VIDEO UNTUK MENINGKATKANKEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP
ABSTRAK
Farida, Ifa. 2024. “Eefektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Project Based
Learning Berbantuan Video untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir
Kritis Siswa SMP”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA. Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Rina
Rahayu, S.Pd., M.Pd. dan Pembimbing II, Eko Juliyanto, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Project Based Learning, Video Pembelajaran, Keterampilan Berpikir Kritis, KeefektifanBerpikir kritis salah satu keterampilan guna menganalisis permasalahan dalam mengemukakan solusi dan memutuskan suatu masalah yang diolah dengan logis. Keterampilan berpikir kritis merupakan salah satu keterampilan penting yang harus dikasuasai siswa namun bertolak belakang dengan kondisi yang ada. Pembelajaran IPA di SMPN 1 Secang menghadapi permasalahan yaitu kurang optimalnya kemampauan berpikir kritis dan belum terdapat proses belajar yang efektif mendukung perkembangan berpikir kritis. Kemampuan ini dapat dilatih dengan penerapan pembelajaran yang tepat. Salah satunya penggunaan model problem based learning, dimana model pembelajaran ini didasarkan pada teori konstruktivisme, sehingga berpotensi mengembangkan kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan (1) Menganalisis efektivitas penggunaan model problem based learning berbantuan video untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. (2) Menganalisis respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan problem based learning berbantuan video. Desain penelitian kuantitatif ini menerapkan quasi experimental. Penelitian dilakukan di SMPN 1 Secang dengan sampel kelas eksperimen yakni VIII D sedangkan kontrolnya VIII A. Pemilihan sampel melalui purposive sampling. Pengumpulan data penelitian menggunakan tes tertulis dan lembar observasi pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan uji independent sample T-test pada nilai pretest yaitu 0,119 > 0,05 artinya tidak ada perbedaan signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis sebelum pemberian perlakuan, sedangkan pada nilai posttest yaitu 0,00 < 0,05 yang artinya berbeda signifikan setelah pemberian perlakuan. Hasil uji N-Gain kelas eksperimen yakni 0,8 kategori tinggi dan kelas kontrol yakni 0,6 kategori sedang. Dengan demikian, model problem based learning berbantuan video efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas VIII SMP.
98-UN57.U1-SI-X-2024 | IPA FAR E 2024 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain