Text
SKRIPSI KEEFEKTIVAN MODEL PROJECT BASED LEARNINGMENGGUNAKAN PENDEKATAN DESTINATIONIMAGINATION UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILANKOLABORASI DAN BERPIKIR KRITIS IPA SISWA SMP
ABSTRAK
Safitri, Sekar Arum 2024. “Efektivitas Model Project Based Learning Menggunakan Pendekatan Destination Imagination Untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Dan Berpikir Kritis Siswa SMP”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Rina Rahayu, M.Pd., Pembimbing II Eko Juliyanto, M.Pd.
Kata Kunci: Project Based Learning (PjBL), Destination Imagination (DI), Keterampilan Kolaborasi, Keterampilan Berpikir Kritis.Pendidikan adalah salah satu bidang yang telah dipengaruhi oleh globalisasi. Sehingga, dunia pendidikan diharapkan mampu mengembangkan keterampilan abad ke-21. Dalam mengembangkan keterampilan abad ke-21 ini, pendidik dapat berkoordinasi ke dalam pembelajaran kegiatan tersendiri berbentuk aktivitas pembelajaran, siswa yang berlatih sendiri dan guru bertindak sebagai fasilitator Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model Project Based Learning (PjBL) menggunakan pendekatan Destination Imagination (DI) terhadap peningkatan keterampilan kolaborasi dan berpikir kritis siswa SMP. Penelitian ini berlokasi di SMP Negeri 1 Windusari. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain nonequivalent control group design dalam proses pemgambilan data. Penelitian ini menggunakan dua kelas uji, yaitu kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D sebagai kelas control. Pengujian keterampilan kolaborasi dilakukan dengan menggunakan 10 pertanyaan kuisioner, serta pengujian keterampilan berpikir kritis dilakukan dengan 10 soal essay.Hasil analisis data diperoleh bahwa hasil uji hipotesis pada keterampilan kolaborasi 0,036 < 0,05 artinya terdapat perbedaan peningkatan, dimana peningkatan dapat dilihat pada hasil uji N-gain di kelas eksperimen sebesar 0,77 dan kelas kontrol 0,67 artinya peningkatan lebih besar di kelas eksperimen dibandingkan kelas kontrol. Pada keterampilan berpikir kritis diperoleh bahwa hasil uji hipotesis sebesar
97-UN57.U1-SI-X-2024 | IPA SAF K 2024 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain