PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN ARGUMENT DRIVEN INQUIRY (ADI) BERBANTUAN LABORATORIUM VIRTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA SMP

MARTINA ISHIA ARYANI - Nama Orang;

ABSTRAK
Aryani, Martina Ishia. 2024. “Keefektifan Model Pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI) Berbantuan Laboratorium Virtual untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep IPA Siswa SMP”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Nuryunita Dewantari, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Eko Juliyanto, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci : argument driven inquiry, kemampuan berpikir kritis, laboratorium virtual, pemahaman konsepKemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh siswa. Hasil PISA 2022 dan TIMSS 2015 menunjukkan bahwa siswa di Indonesia memiliki kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep yang rendah. Berdasarkan hasil pengamatan di SMP Negeri 13 Magelang menunjukkan siswa kurang aktif selama proses pembelajaran sehingga kemampuan berpikir kritis dan pemahaman siswa cenderung rendah. Model pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI) berbantuan laboratorium virtual mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep IPA. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis quasi eksperiment menggunakan Non-equivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas VIII di SMP Negeri 13 Magelang. Sampel yang digunakan adalah kelas VIII H dan kelas VIII I. Instrumen penelitian berupa tes bentuk pilihan ganda dan uraian yang telah melalui uji validitas dan reliabilitas.Hasil analisis data diperoleh bahwa hasil uji hipotesis kemampuan berpikir kritis sebesar 0,01 < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan. Pada hasil N-gain dikelas eksperimen sebesar 0,63 dengan kategori sedang, sedangkan kelas kontrol sebesar 0,4 dengan kategori sedang. Hasil analisis data diperoleh bahwa hasil uji hipotesis pemahaman konsep sebesar 0,007 < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan. Pada hasil N-gain dikelas eksperimen sebesar 0,68 dengan kategori sedang, sedangkan kelas kontrol sebesar 0,49 dengan kategori sedang. Analisis data uji korelasi untuk kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep memperoleh hasil nilai r sebesar 0,448 > 0,349 yang artinya kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep memiliki hubungan dengan tingkat korelasi sedang. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI) berbantuan laboratorium virtual efektif meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep IPA siswa SMP yang ditunjukkan dengan peningkatan nilai Ngain pada kelas eksperimen untuk kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep, serta terdapat hubungan antara variabel kemampuan berpikir kritis dan variabel pemahaman konsep


Ketersediaan
99-UN57.U1-SI-X-2024IPA ARY K 2024Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
IPA ARY K 2024
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2024
Deskripsi Fisik
XVI;238HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
500
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_ILMU_PENGETAHUAN_ALAM
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik