Text
SKRIPSI KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN ARGUMENT DRIVEN INQUIRY (ADI) BERBANTUAN LABORATORIUM VIRTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA SMP
ABSTRAK
Aryani, Martina Ishia. 2024. “Keefektifan Model Pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI) Berbantuan Laboratorium Virtual untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep IPA Siswa SMP”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Nuryunita Dewantari, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Eko Juliyanto, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci : argument driven inquiry, kemampuan berpikir kritis, laboratorium virtual, pemahaman konsepKemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh siswa. Hasil PISA 2022 dan TIMSS 2015 menunjukkan bahwa siswa di Indonesia memiliki kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep yang rendah. Berdasarkan hasil pengamatan di SMP Negeri 13 Magelang menunjukkan siswa kurang aktif selama proses pembelajaran sehingga kemampuan berpikir kritis dan pemahaman siswa cenderung rendah. Model pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI) berbantuan laboratorium virtual mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep IPA. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis quasi eksperiment menggunakan Non-equivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas VIII di SMP Negeri 13 Magelang. Sampel yang digunakan adalah kelas VIII H dan kelas VIII I. Instrumen penelitian berupa tes bentuk pilihan ganda dan uraian yang telah melalui uji validitas dan reliabilitas.Hasil analisis data diperoleh bahwa hasil uji hipotesis kemampuan berpikir kritis sebesar 0,01 < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan. Pada hasil N-gain dikelas eksperimen sebesar 0,63 dengan kategori sedang, sedangkan kelas kontrol sebesar 0,4 dengan kategori sedang. Hasil analisis data diperoleh bahwa hasil uji hipotesis pemahaman konsep sebesar 0,007 < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan. Pada hasil N-gain dikelas eksperimen sebesar 0,68 dengan kategori sedang, sedangkan kelas kontrol sebesar 0,49 dengan kategori sedang. Analisis data uji korelasi untuk kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep memperoleh hasil nilai r sebesar 0,448 > 0,349 yang artinya kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep memiliki hubungan dengan tingkat korelasi sedang. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI) berbantuan laboratorium virtual efektif meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep IPA siswa SMP yang ditunjukkan dengan peningkatan nilai Ngain pada kelas eksperimen untuk kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep, serta terdapat hubungan antara variabel kemampuan berpikir kritis dan variabel pemahaman konsep
99-UN57.U1-SI-X-2024 | IPA ARY K 2024 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain