PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI EVALUASI KESELAMATAN JALAN PADA DAERAH RAWAN KECELAKAAN LALU LINTAS (STUDI KASUS: JALAN AHMAD YANI KM 3+200 – KM 4+200 KOTA MAGELANG)

CHERINE WAHYUNI - Nama Orang;

INTISARI
Keselamatan jalan merupakan salah satu aspek penting dalam prinsip penyelenggaraan transportasi. Penerapan prinsip keselamatan jalan di Indonesia masih rendah dibuktikan dengan adanya peningkatan jumlah kecelakaan setiap tahunnya. Hal tersebut juga terjadi di Kota Magelang. Ruas jalan di Kota Magelang yang memiliki jumlah kecelakaan tertinggi yaitu Jalan Ahmad Yani, Jalan Gatot Subroto, Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Soekarno Hatta dan Jalan Urip Sumoharjo. Penelitian ini bertujuan untuk menilai keselamatan jalan dengan menganalisis tingkat kecelakaan dan identifikasi segmen rawan kecelakaan.Metode yang digunakan untuk menganalisis tingkat kecelakaan yaitu metode Angka Ekuivalen Kecelakaan (AEK). Sedangkan penentuan segmen rawan kecelakaan dengan metode Upper Control Limit (UCL) dan metode cumulative summary (cusum). Kemudian dilakukan penilaian tingkat keselamatan jalan menggunakan metode International Road Assessment Programme (iRAP).Hasil penelitian menunjukkan ruas jalan yang termasuk kategori black site adalah Jalan Ahmad Yani dan Jalan Jenderal Sudirman. Prioritas penanganan dilakukan pada Jalan Ahmad Yani karena inventaris jalan yang belum memadai dan menimbulkan banyak korban jiwa. Hasil penilaian iRAP pada Jalan Ahmad Yani KM 3+200 – 4+200 yang dibagi menjadi 10 segmen terdapat 1 segmen untuk bintang 1, 6 segmen untuk bintang 2, dan 3 segmen untuk bintang 3. Segmen terburuk berada pada segmen sepuluh (stasioning 4+100 – 4+200). Rekomendasi penanganan (countermeasure) berupa penambahan penghalang sisi tepi jalan ramah motor, pita penggaduh, pemberian median jalan, peningkatan persimpangan dari simpang tak bersinyal menjadi persimpangan dengan APILL, pembuatan jembatan penyeberangan pejalan kaki dan pemberian rambu untuk pesepeda.
Kata kunci : keselamatan jalan, segmen rawan kecelakaan, star rating, iRAP, countermeasure


Ketersediaan
85-UN57.U1-STS-X-2024SIPIL WAH E 2024Ruang Skripsi (TEKNIK SIPIL)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
SIPIL WAH E 2024
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2024
Deskripsi Fisik
XIX;92HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
624
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_TEKNIK_SIPIL
FAKULTAS_FT
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik