Text
SKRIPSI PELAYANAN PUBLIK DI BALAI KESEHATAN MASYARAKAT (BALKESMAS) KECATAMAN AMBARAWA KABUPATEN SEMARANG
ABSTRAK
KABUPATEN SEMARANG PELAYANAN PUBLIK DI BALAI KESEHATAN MASYARAKAT (BALKESMAS) KECAMATAN AMBARAWATesalonika Krisma Ferisianida (1910201034) Program Studi Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial dan PolitikUniversitas TidarBalai Kesehatan Masyrakat (Balkesmas) Kecamatan Ambarawa adalah Unit Pelaksana Teknis (UPT) merupakan subsistem kedua atau posisi sekunder dalam Sistem Kesehatan Nasional. (Kemenkes/SK/VI/2006) mendeskripsikan bahwa tingkat kedua atau sekunder mencakup upaya sistem rujukan lanjutan: layanan kesehatan perorangan dan masyarakat sekunder. Namun dalam pelayanan tentu memiliki proses menuju suatu keoptimalan. Maka dari itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kualitas pelayanan publik di Balai Kesehatan Masyarakat (BALKESMAS) Kecamatan Ambarawa Kabupaten Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kualtatif deskriptif, dimana data penelitian diperoleh dari proses wawancara, observasi, dokumentasi, dan studi literatur. Informan pada penelitian ini meliputi Kepala Balkesmas, Pegawai Balkesmas dan Masyarakat. Data yang diperoleh dari hasil penelitian dikaji dengan menggunakan teknik kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menunjukan bahwa kualitas pelayanan publik di Balai Kesehatan Masyarakat (Balkesmas) Kecamatan Ambarawa Kabupaten Semarang masih memelurkan pengoptimalan. Hal tersebut disebabkan oleh belum tercukupinya tenaga kesehatan dan sarana prasana.
(Kata Kunci : Pelayanan Publik, Bidang Kesehatan, Balai Kesehatan Masyarakat)
83-UN57.U1-SSP-X-2024 | ADMINISTRASINEGARA FER P 2024 | Ruang Skripsi (ADMINISTRASI NEGARA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain