Text
SKRIPSI KEEFEKTIFAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBANTUAN LKS BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA
ABSTRAK
Asna, Khoirun Nisa. 2024. “Keefektifan Model Project Based Learning (PjBL) Berbantuan LKS Berbasis Etnomatematika terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Yesi Franita, S.Si., M.Sc., Pembimbing II Aprilia Nurul Chasanah, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: etnomatematika, kemampuan representasi matematis, lembar kerja siswa, model PjBL.Kemampuan representasi matematis perlu dimiliki siswa, karena dengan memanfaatkan representasi yang baik siswa akan lebih mudah dalam menyajikan ide atau gagasan matematika menjadi lebih konkret. Berdasarkan tes kemampuan awal representasi matematis siswa di SMP Negeri 3 Salaman kelas VIII diperoleh rata-rata 41,93 hasil tersebut termasuk kategori rendah. Partisipasi siswa dalam kegiatan belajar mengajar masih minim. Model pembelajaran yang digunakan pun kurang bervariasi. Perlu adanya pemilihan model pembelajaran yang tepat dan inovatif dengan mengarahkan siswa agar lebih aktif dan membuat suasana pembelajaran lebih menarik, salah satunya model PjBL berbantuan LKS berbasis etnomatematika.Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis ketuntasan secara klasikal kemampuan representasi matematis siswa dengan perlakuan menggunakan model Project Based Learning (PjBL) berbantuan LKS berbasis etnomatematika dan menganalisis ketuntasan secara klasikal kemampuan representasi matematis siswa dengan perlakuan menggunakan model pembelajaran langsung. Selain itu, untuk menganalisis keefektifan model Project Based Learning (PjBL) berbantuan LKS berbasis etnomatematika dibandingkan model pembelajaran langsung terhadap kemampuan representasi matematis siswa.,
116-UN57.U1-SPM-X-2024 | MATEMATIKA ASN K 2024 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain