Text
SKRIPSI ANALISIS PENGARUH GREEN MARKETING, CITRA MEREK, KUALITAS PRODUK, DAN KEMASAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (STUDI PADA PENGGUNA AIR MINERAL DALAM KEMASAN AQUA DI JAWA TENGAH)
ABSTRAK
Air merupakan salah satu kebutuhan utama manusia. Mengonsumsi air minum merupakan hal yang penting dan banyak masyarakat yang semakin sadar akan hal tersebut. Hingga saat ini, permintaan Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) selalu meningkat. Salah satu AMDK yang sering dikonsumsi oleh masyarakat adalah AQUA. Namun, pada tahun 2022 – 2023 AQUA mengalami penurunan berdasarkan survey Top Brand Index. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh green marketing, citra merek, kualitas produk, dan kemasan terhadap loyalitas pelanggan AMDK AQUA di Jawa Tengah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Data yang digunakan diperoleh dari kuesioner yang disebar kepada 100 responden. Pada penelitian ini menggunakan SPSS 26 sebagai alat untuk melakukan analisis dengan menggunakan uji instrumen, uji asumsi klasik, dan uji analisis regresi linier berganda. Berdasarkan analisis yang dilakukan, menunjukkan secara parsial variabel green marketing berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Kualitas produk berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Kemasan secara parsial berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Sedangkan variabel citra merek berpengaruh secara negatif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan AQUA. Berdasarkan hasil uj F, menunjukkan bahwa variabel green marketing, citra merek, kualitas produk, dan kemasan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan.
Kata kunci: green marketing, citra merek, kualitas produk, kemasan, dan loyalitas pelanggan.
119-UN57.U1-SMJ-X-2024 | MANAJEMEN GEM A 2024 | Ruang Skripsi (MANAJEMEN) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain