Text
SKRIPSI EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA FILM KARTUN ANIMASI DALAM PEMBELAJARAN MENYIMAK CERITA FABEL KELAS VII SMP NEGERI 1 BANSARI KABUPATEN TEMANGGUNG
ABSTRAK
Rustanti, Sri. Skripsi 2024. “Efektivitas Penggunaan Media Film Kartun Animasi Dalam Pembelajaran Menyimak Cerita Fabel Untuk Kelas VII SMP Negeri 1 Bansari Kabupaten Temanggung”. Skripsi. Program Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Ayu Wulandari, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Mashud Syahroni, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan menyimak peserta didik yang masih rendah. Kemampuan menyimak yang masih rendah disebabkan oleh penggunaan media pembelajaran yang belum inovatif. Rumusan dari penelitian ini ialah (1) Bagaimana perbedaan antara kemampuan menyimak cerita fabel pada peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan media film kartun animasi dengan peserta didik yang tidak menggunakan media? dan (2) Apakah penggunaan media film kartun animasi efektif digunakan dalam pembelajaran menyimak cerita fabel pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Bansari Kabupaten Temanggung? Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan ada tidaknya perbedaan yang signifikan antara kemampuan menyimak cerita fabel pada peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan media film kartun animasi dengan peserta didik yang tidak menggunakan media. Tujuan lainnya ialah membuktikan keefektifan penggunaan media film kartun animasi dalam pembelajaran menyimak cerita fabel pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Bansari Kabupaten Temanggung. Metode penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen kuasi. Desan penelitian dalam metode eksperimen ini menggunakan “Pretest-Posttest Control Design”. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Bansari berjumlah 212 peserta didik dan sampel dalam penelitian berjumlah 60 peserta didik. Data penelitian terdiri dari pemorelahan skor pretest dan posttest dari kelas kontrol dan kelas eksperimen. Setelah pemerolehan skor pretest dan posttest, maka dilakukan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan kemampuan menyimak cerita rakyat yang signifikan antara peserta didik yang melakukan pembelajaran dengan menggunakan media film kartun animasi dengan peserta didik yang tidak melakukan pembelajaran dengan menggunakan media film kartun animasi pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Bansari. Hal ini dapat dilihat pada analisis hasil uji-t pada skor pretest dan posttest yang telah dilakukan. Skor posttest pada kelas eksperimen menunjukkan pemerolehan t hitung sebesar 0.082, df = 58, dan p = 0.002 dari taraf kesalahan 0,05 atau 5%. Nilai p dalam pengujian ini lebih kecil dari 0,05. Hasil tersebut menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran film kartun animasi efektif dalam pembelajaran menyimak cerita fabel.
Kata kunci: cerita fabel, kartun animasi, menyimak.
89-UN57.U1-SIN-X-2024 | INDONESIA RUS E 2024 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain