Text
SKRIPSI PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODEL CORE BERBANTUAN LKPD BERBASIS CANVA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VII
ABSTRAK
Rofiqi, Syafiq. 2024. “Pengaruh Pembelajaran Matematika Model CORE Berbantuan LKPD Berbasis Canva Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VII”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Nina Agustyaningrum, M.Pd., Pembimbing II Dita Aldila Krisma, M.Pd.
Kata Kunci: Canva, CORE (Connecting, Organizing, Reflecting dan Extending), Kemampuan Pemecahan Masalah, LKPD Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu kemampuan yang sangat penting untuk dicapai dalam pembelajaran matematika. Pembelajaran matematika yang efektif harus berfokus pada matematika yang berguna dalam memecahkan masalah di berbagai lingkungan. Namun demikian, dalam tes awal kemampuan pemecahan masalah matematis yang dilakukan pada peserta didik kelas VII di SMP Negeri 3 Magelang, didapatkan skor rata-rata 52,27, yang termasuk dalam kategori kurang baik. Salah satu faktor penyebab rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis adalah model pembelajaran yang digunakan kurang efektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) menganalisis rata-rata ketuntasan kemampuan pemecahan matematis peserta didik dengan penerapan model pembelajaran CORE berbantuan LKPD berbasis Canva, (2) menganalisis rata-rata ketuntasan kemampuan pemecahan matematis peserta didik dari penerapan model pembelajaran langsung, dan (3) menganalisis model pembelajaran yang dapat dikatakan lebih baik secara signifikan dalam hal kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik antara model pembelajaran CORE berbantuan LKPD berbasis Canva dan model pembelajaran langsung. Penelitian dilakukan dengan penerapan kedua model pembelajaran dan dilakukan posttest untuk mengetahui kemampuan setelah diberi perlakuan.
117-UN57.U1-SPM-X-2024 | MATEMATIKA ROF P 2024 | Ruang Skripsi (MATEMATIKA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain