PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA TERINTEGRASI MODEL PEMBELAJARAN RMS (READING, MIND MAPPING, SHARING) BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP

EKA PUJI LESTARI - Nama Orang;

ABSTRAK
Lestari, E. P. 2024. “Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Terintegrasi Model Pembelajaran RMS (Reading, Mind Mapping, Sharing) Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP“. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Suwito Singgih, M.Pd., Pembimbing II Dr. Ahmad Muhlisin, M.Pd.
Kata Kunci: Modul IPA, RMS, berbasis masalah, berpikir kritis Keterampilan berpikir kritis merupakan kompetensi penting yang harus dimiliki siswa pada pembelajaran abad 21. Namun hasil survei PISA tahun 2022 menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa di Indonesia masih rendah yaitu peringkat ke-67 dari 81 negara. Pada praktiknya masih banyak proses pembelajaran yang dilaksanakan secara konvensional dengan menggunakan bahan ajar seadanya. Permasalahan ini juga dijumpai di SMP Negeri 1 Secang. Berdasarkan nilai hasil belajar diketahui bahwa keterampilan berpikir kritis siswa di SMP Negeri 1 Secang masih kurang. Sehingga dibutuhkan solusi berupa pengembangan bahan ajar yang dapat mengatasi masalah tersebut. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan modul pembelajaran IPA yang valid, efektif, dan praktis dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Modul yang dikembangkan mengintegrasikan model pembelajaran RMS (Reading, Mind Mapping, Sharing) berbasis masalah. Model penelitian yang digunakan adalah model pengembangan Sugiyono yang terdiri dari tahap potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, dan uji coba pemakaian. Desain penelitian ini menggunakan desain one group pretest posttest dengan sampel penelitian yaitu 32 siswa kelas VIII A.


Ketersediaan
101-UN57.U1-SI-X-2024IPA LES P 2024Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
IPA LES P 2024
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2024
Deskripsi Fisik
XIV;188HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
500
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_ILMU_PENGETAHUAN_ALAM
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • HALAMAN ROMAWI, BAB I , BAB II, BAB III
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik