Text
SKRIPSI IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS STEM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI ZAT DAN PERUBAHANNYA
ABSTRAK
Ningsih, Dwi Rahayu. 2024. ”Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis STEM Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Zat dan Perubahannya”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Rina Rahayu, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Eko Juliyanto, S.Pd.,M.Pd.
Kata Kunci: Problem Based Learning (PBL), STEM, Keterampilan Berpikir Kritis, Zat dan Perubahannya.Pembelajaran abad 21 mengharuskan siswa untuk memiliki bakat dan menguasai kemampuan abad 21 dalam proses pembelajaran. Salah satunya adalah keterampilan berpikir kritis yang diharapkan dapat memberikan bekal siswa di kehidupan yang akan datang. Berdasarkan observasi yang dilakukan di SMP Negeri 7 Magelang terdapat permasalahan bahwa keterampilan berpikir kritis masih rendah. Hal tersebut disebabkan karena belum diterapkannya model pembelajaran yang sesuai untuk mendukung keterampilan berpikir kritis siswa. Pendekatan yang dapat diterapkan untuk meningkatkan keterampilam berpikir kritis adalah pendekatan STEM. Pendekatan STEM membantu siswa memahami dan menganalisis pembelajaran untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan modul Problem Based Learning (PBL) berbasis STEM pada materi zat dan perubahannya untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.
104-UN57.U1-SI-X-2024 | IPA NIN I 2024 | Ruang Skripsi (IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain