PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERSTRUKTUR DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF IPA PESERTA DIDIK SMP

AGUS WAHYUDI - Nama Orang;

ABSTRAK
Wahyudi, Agus. 2024. “Keefektifan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan Model Inkuiri Terstruktur dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif IPA Peserta Didik SMP”. Skripsi Program Studi Pendidikan IPA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Suwito Singgih, S.Pd., M.Pd. dan Pembimbing II Eli Trisnowati, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Model Pembelajaran Inkuiri Terstruktur, dan Hasil BelajarHasil belajar merupakan ukuran fundamental dalam menilai prestasi akademik peserta didik, yang menjadi kunci dalam menentukan arah pembelajaran selanjutnya serta proses penilaian peserta didik. Namun, di SMP N 11 Magelang, hasil belajar tercatat rendah. Salah satu pendekatan yang dianggap mampu meningkatkan hasil belajar adalah model pembelajaran inkuiri. Model ini dibagi menjadi empat kategori: inkuiri konfirmasi, inkuiri terstruktur, inkuiri terbimbing, dan inkuiri bebas. Berdasarkan Teori Pengetahuan Piaget, efektivitas suatu model pembelajaran tergantung pada sejauh mana model tersebut sesuai dengan tahap perkembangan pengetahuan siswa. Untuk siswa SMP, model inkuiri terbimbing dan inkuiri terstruktur dianggap cocok sesuai dengan tingkat perkembangan pengetahuan mereka saat ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi potensi peningkatan hasil belajar kognitif siswa SMP melalui penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan inkuiri terstruktur. Desain penelitian menggunakan kelompok kontrol non-ekuivalen dengan metode analisis deskriptif kuantitatif. Hasil pengukuran N-Gain menunjukkan bahwa inkuiri terbimbing mencatat peningkatan yang rendah, sementara inkuiri terstruktur menunjukkan peningkatan sedang. Temuan ini diperkuat oleh Uji Independent Test yang menunjukkan perbedaan signifikan dengan nilai sig 0,02 < 0,05, sehingga mendukung hipotesis alternatif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan inkuiri terstruktur memberikan dampak yang berbeda secara signifikan terhadap peningkatan hasil belajar kognitif siswa. Model inkuiri terstruktur menunjukkan peningkatan pada indikator C1, C2, dan C3 dengan kategori sedang, serta pada indikator C4 dengan kategori rendah. Sementara itu, inkuiri terbimbing mengalami peningkatan pada indikator C1, C2, dan C3 dengan kategori rendah, dan pada indikator C5 dengan masuk dalam kategori rendah.


Ketersediaan
102-UN57.U1-SI-X-2024IPA WAH K 2024Ruang Skripsi (IPA)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
IPA WAH K 2024
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2024
Deskripsi Fisik
XV;187HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
500
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_ILMU_PENGETAHUAN_ALAM
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik