Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) DENGAN TUTOR SEBAYA TERHADAP PENGUASAAN KONSEP IPA SISWA
ABSTRAK
Fatimah, S. 2024. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) dengan Tutor Sebaya terhadap Penguasaan Konsep IPA Siswa”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Eli trisnowati, M.Pd., Pembimbing II Dr. Ahmad Muhlisin, M.Pd.
Kata Kunci: Penguasaan konsep, TGT, Tutor sebayaPenguasaan konsep sangat penting, karena ketika seorang siswa menangkap suatu konsep yang dapat diterapkan dalam kehidupan nyata atau diungkapkan dengan cara lain, maka ia dikatakan telah menguasainya (Arisanti, 2016). Berdasarkan data hasil Asesmen Sumatif Tengah Semester (ASTS) siswa kelas VII di SMP Negeri 3 Magelang menunjukkan bahwa hanya 21% siswa yang dinyatakan tuntas dengan nilai KKTP (Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran) yaitu 78. Masih rendahnya penguasaan konsep IPA siswa ditunjukkan dengan belum optimalnya hasil belajar IPA. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan adanya peningkatan penguasaan konsep IPA pada siswa kelas VII di SMP Negeri 3 Magelang melalui model pembelajaran TGT (Team Games Tournament) dengan tutor sebaya. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini terbagi menjadi 2 kelas (eksperimen dan kontrol) dengan jumlah tiapkelas sebanyak 31 siswa. Instrumen penelitian ini berupa soal tes berbentuk pilihan ganda dengan jumlah 20 soal yang terlebih dahulu telah dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Selanjutnya uji hipotesis menggunakan uji independent sample t-test dan uji N-Gain. Berdasarkan perhitungan data, diperoleh nilai uji t sebesar 0,047 yang artinya nilai Thitung < Ttabel. Besar peningkatan yang diberikan dalam penelitian ini tergolong dalam kategori sedang dengan pembuktian uji NGain sebesar 0,6 pada kelas eksperimen dan kategori sedang dengan nilai 0,5 pada kelas kontrol. Maka kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) dengan tutor sebaya berpengaruh terhadap kemampuan penguasaan konsep IPA siswa kelas VII SMP Negeri 3 Magelang tahun ajaran 2023/2024. Perpaduan antara model dan metode tersebut membuat antusiasme siswa dalam mengikuti pembelajaran IPA meningkat. Hal ini terjadi dikarenakan model pembelajaran TGT dengan tutor sebaya mampu menciptakan kelas yang aktif sehingga membuat siswa tidak mudah bosan, serta dalam menguasai materi lebih mudah melalui games yang dimainkan. Peneliti selanjutnya dapat menambah aktivitas pada LKPD, berupa soal-soal yang mengarah pada indikator mengaplikasikan agar kemampuan siswa untuk mengaplikasikan lebih meningkat; indikator ditambah sampai C5 dan C6 yang dapat dilatihkan melalui soal-soal pada saat games dan tournament; serta mengacak siswa yang menjadi tutor untuk setiap pertemuannya, sehingga kemampuan memimpin setiap siswa dapat tumbuh.
103-UN57.U1-SI-X-2024 | IPA AZZ P 2024 | Ruang Skripsi (IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain