Text
SKRIPSI PERBANDINGAN PENERAPAN MODEL PBL DAN DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI GETARAN, GELOMBANG DAN BUNYI
ABSTRAK
Ardiansyah, Nur. 2024. “Perbandingan Penerapan Model PBL dan Discovery Learning Dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah pada Materi Getaran, Gelombang, dan Bunyi”. Skripsi Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Nuryunita Dewantari, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Rina Rayahu S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci : PBL (Problem Based Learmimg); Keterampilan Berpikir Kritis; Keterampilan Pemecahan MasalahIlmu pengetahuan alam adalah mata pelajaran yang masuk kedalam katergori kurang diminati oleh peserta didik, karena merupakan pembelajaran abstrak dan dianggap sulit. Salah satu faktornya yaitu kurangnya inovasi penggunaan model pembelajaran yang diterapkan guru pada pembelajaran IPA oleh sebab itu perlu di lakukan inovasi pembelajaran salah satunya dengan penerapan model pembelajaran PBL. Tujuan diadakan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah penerapan model PBL berpengaruh meningkatan keterampilan berpikir kritis dan keterampilan pemecahan masalah dalam materi Getaran, Gelombang, dan bunyi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen semu. Hasil penelitian terdapat peningkatan sebesar 56% pada keterampilan berpikir kritis dan diperoleh peningkatan sebesar 78 % pada pemecahan masalah. Berdasarkan hasil yang diperoleh simpulan penerapan PBL berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis dan keterampilan pemecahan masalah pada peserta didik.
105-UN57.U1-SI-X-2024 | IPA ARD P 2024 | Ruang Skripsi (IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain