Text
SKRIPSI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARGUMENT DRIVEN INQUIRY DENGAN PENDEKATAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH SISWA
ABSTRAK
Hermawan, Redha. 2024. “Penerapan Model pembelajaran Argument Driven Inquiry Dengan Pendekatan Problem Solving Untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Riva Ismawati, S.Pd., M.Sc., Pembimbing II Dr. Siswanto, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: argument driven inquiry, keterampilan pemecahan masalah,Perkembangan abad 21 mendorong dunia pendidikan untuk mempersiapkan generasi yang memiliki keterampilan pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan keterampilan pemecahan masalah IPA siswa SMP setelah menerapkan model pembelajaran argument driven inquiry dengan pendekatan problem solving. Objek pada penelitian ini adalah kelas VII SMP Negeri 3 Muntilan semester genap tahun ajaran 2023/2024. Menggunakan 2 kelas sebagai pembanding yaitu model pembelajaran argument driven inquiry sebagai kelas eksperimen dan model ceramah sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian ini menggunakan 12 soal uraian yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Hasil nilai gain kelas eksperimen sebasar 35,54 sedangkan kelas kontrol sebesar 21,87. Hal tersebut menunjukan bahwa model argument drivenn inquiry dengan pendekatan problem solving dapat meningkatkan keterampilan pemecahan masalah siswa.
106-UN57.U1-SI-X-2024 | IPA HER P 2024 | Ruang Skripsi (IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain