Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ARGUMENT-DRIVEN INQUIRY (ADI) BERPENDEKATAN SETS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ARGUMENTASI
ABSTRAK
Chasanah, Hikmah Rochimatul. 2024. “Pengembangan Bahan Ajar ArgumentDriven Inquiry (ADI) Berpendekatan SETS untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi” Skripsi Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Riva Ismawati, S.Pd.,M.Sc., Pembimbing II Suwito Singgih, S.Pd.,M.Pd.
Kata kunci : Pengembangan, E-LKPD, ADI, SETS, kemampuan ArgumentasiPembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) memiliki peran penting dalam membangun kemampuan argumentasi ilmiah siswa. Terdapat penelitian menunjukkan bahwa kemampuan argumentasi siswa dalam pembelajaran IPA masih tergolong rendah. Salah satu inovasi yang dapat diterapkan untuk mengatasi permasalahan ini adalah pengembangan bahan ajar yang dirancang secara khusus untuk meningkatkan keterampilan argumentasi ilmiah. Bahan ajar yang dikembangkan perlu disesuaikan dengan pendekatan pembelajaran yang relevan, seperti pendekatan SETS (Science, Environment, Technology, and Society) yang mengintegrasikan berbagai aspek kehidupan dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar E-LKPD ADI (Argument-Driven Inquiry) berpendekatan SETS (Science, Environment, Technology, and Society) untuk meningkatkan kemampuan argumentasi siswa pada materi Bumi dan Tata Surya. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Validitas bahan ajar diuji oleh 5 validator yang terdiri dari guru dan dosen, dengan hasil rata-rata validitas sebesar 0,84 yang masuk dalam kategori valid. Efektivitas bahan ajar diukur melalui uji N-Gain dengan hasil sebesar 0,38 yang menunjukkan efektivitas dalam kategori sedang. Kemampuan argumentasi diukur menggunakan persentase hasil pretest-posttest menunjukkan terdapat peningkatan kemampuan argumentasi, dengan siswa dapat menjawab soal sampai level 3 dengan kriteria claim-evidence-warrant. Bahan ajar ini juga terbukti praktis dengan persentase kepraktisan sebesar 81,5%. Kesimpulannya, bahan ajar E-LKPD ADI berpendekatan SETS ini valid, efektif, dan praktis digunakan dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan argumentasi siswa.
107-UN57.U1-SI-X-2024 | IPA CHA P 2024 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain