Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ETNOMATEMATIKA BERBASIS GOOGLE SITE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PADA MATERI STATISTIKA KELAS VIII
ABSTRAK
Saputri, Dinda Tiara. 2024. “Pengembangan Media Pembelajaran Etnomatematika Berbasis Google Site Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis pada Materi Statistika Kelas VIII”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Megita Dwi Pamungkas, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Dita Aldila Krisma, M.Pd.
Kata Kunci: Google Site, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Media Pembelajaran Etnomatematika, StatistikaMatematika merupakan materi yang penting dalam pembelajaran. Salah satu kompetensi matematika yang harus dimiliki oleh siswa adalah kemampuan pemecahan masalah matematis, namun berdasarkan hasil tes awal kemampuan pemecahan masalah matematis masih tergolong rendah. Salah satu alternatif untuk membantu siswa dalam proses pembelajaran adalah penggunaan media pembelajaran etnomatematika berbasis Google Site.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kevalidan, kepraktisan, serta keefektifan dari media pembelajaran etnomatematika berbasis Google Site dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.Penelitian ini menggunakan metode penelitian R&D (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Grabag dengan sampel 30 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Teknik cluster random sampling. Sedangkan teknik pengambilan data yaitu dengan wawancara, angket, lembar observasi, dan soal tes. Kevalidan dianalisis melalui angket validitas materi dan validitas produk, uji kepraktisan dianalisis melalui angket respon guru dan siswa, serta uji keefektifan dianalisis melalui uji paired sample t-test, serta uji N-Gain.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran etnomatematika berbasis Google Site yang dikembangkan memperoleh validitas materi 77,27% (valid) dan validitas media 93,12% (sangat valid). Media pemelajaran etnomatematika berbasis Google Site berada pada kategori sangat praktis berdasarkan respon guru dengan persentase 96,36% dan respon siswa dengan persentase 85,93%. Media pembelajaran etnomatematika berbasis Google Site juga dinyatakan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan hasil nilai N-Gain 0,48 yaitu kategori sedang.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran etnomatematika berbasis Google Site dinyatakan valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Media pembelajaran ini dapat dijadikan bahan pertimbangan untuk digunakan di dalam pembelajaran matematika.
118-UN57.U1-SPM-X-2024 | MATEMATIKA SAP P 2024 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain