Text
SKRIPSI CAMPUR KODE DALAM PROGRAM NGOBROL SORE SEMAUNYA DAN IMPLEMENTASINYA SEBAGAI BAHAN AJAR TEKS CERAMAH DI SMA
ABSTRAK
Rizqyna, Happy. 2024. “Campur Kode dalam Program Ngobrol Sore Semaunya dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Teks Ceramah di SMA. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Dr. Mursia Ekawati, M.Hum., Pembimbing II Winasti Rahma Diani, M.Hum.Penelitian dengan judul Campur Kode dalam Program Ngobrol Sore Semaunya dan Implementasinya sebagai Bahan Ajar Teks Ceramah di SMA dilatarbelakangi karena pada tuturan gelar wicara tersebut terdapat percampuran kode bahasa. Tujuan dari penelitian ini, yaitu mendeskripsikan bentuk dan faktor yang melatarbelakangi terjadinya campur kode yang terjadi pada tuturan gelar wicara Ngobrol Sore Semaunya episode “Langkah Kecil untuk Dampak Besar”. Desain penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan sifat deskriptif untuk menjelaskan menggunakan kata-kata bukan angka. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode simak dilanjutkan dengan teknik catat. Penelitian ini menggunakan metode analisis data padan dengan penerapan teknik pilah unsur penentu. Hasil analisis data penelitian ini ditemukan 108 data yang meliputi bentuk campur kode (1) penyisipan unsur-unsur berwujud kata ditemukan 48 data, (2) penyisipan unsur-unsur berwujud frasa ditemukan 36 data, (3) penyisipan unsur-unsur yang berwujud baster diperoleh 18 data, (4) penyisipan unsur-unsur yang berwujud perulangan kata diperoleh tiga data, dan (5) penyisipan unsur-unsur yang berwujud klausa diperoleh tiga data. Campur kode ini dilatarbelakangi oleh beberapa faktor, yaitu faktor keterbatasan penggunaan kode, faktor penggunaan istilah yang lebih populer, faktor pembicara dan pribadi pembicara, faktor topik, dan faktor sekadar bergengsi. Hasil penelitian ini dapat diimplementasikan sebagai bahan ajar berupa modul ajar dalam mata pelajaran bahasa Indonesia materi teks ceramah pada Kurikulum Merdeka kelas XI di SMA berdasarkan elemen capaian pembelajaran menyimak dan mempresentasikan.
Kata Kunci: campur kode, faktor, gelar wicara
92-UN57.U1-SIN-X-2024 | INDONESIA RIZ C 2024 | Ruang Skripsi (BAHASA INDONESIA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain