Text
SKRIPSI PENGARUH BRAND IMAGE DISNEY+ HOTSTAR TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA ISU BOIKOT DI INDONESIA
ABSTRAK
Latar belakang penelitian ini didasarkan pada kontroversi boikot yang muncul setelah The Walt Disney Company induk dari Disney+ Hotstar, menyumbangkan dana untuk bantuan kemanusiaan ke Israel. Tindakan tersebut diunggah pada akun twitter/X @CNNIndonesia hingga memicu reaksi negatif dari masyarakat Indonesia yang mendukung. Hal tersebut berdampak pada brand image Disney+ Hotstar di mata konsumen lokal. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh brand image Disney+ Hotstar terhadap loyalitas pelanggan pada isu boikot di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan survei, di mana kuesioner disebarkan secara online kepada 100 responden yang merupakan pengguna aktif Disney+ Hotstar dan followers akun Twitter/X @CNNIndonesia. Teknik analisis data yang diterapkan adalah regresi linier sederhana menggunakan program SPSS 29 untuk mengukur pengaruh brand image terhadap loyalitas pelanggan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa brand image Disney+ Hotstar memiliki pengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan dengan koefisien sebesar 0,409, yang berarti sekitar 40,9% variasi loyalitas pelanggan dapat dijelaskan oleh brand image. Temuan ini mengindikasikan bahwa isu boikot memberikan dampak negatif yang signifikan terhadap loyalitas pelanggan, mengurangi kepercayaan dan keinginan mereka untuk terus berlangganan layanan tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini menyarankan bahwa Disney+ Hotstar perlu mengimplementasikan strategi perbaikan dan pemeliharaan brand image untuk mempertahankan loyalitas pelanggan di tengah tantangan isu-isu kontroversial yang dapat mempengaruhi pelanggan.
Kata kunci: Brand Image, Disney+ Hotstar, Isu Boikot, Loyalitas Pelanggan, Teori S-R.
44-UN57.U1-SIK-X-2024 | KOMUNIKASI RAM P 2024 | Ruang Skripsi (KOMUNIKASI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain