PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

SKRIPSI REPRESENTASI MASKULINITAS PADA IKLAN ALAT KONTRASEPSI (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES DALAM IKLAN VIVO VERSI “MAU JADI KELINCI PERCOBAAN KAMU”)

IRGI MAULANA - Nama Orang;

ABSTRAK
(Irgi Maulana, 2024): REPRESENTASI MASKULINITAS PADA IKLAN ALAT KONTRASEPSI (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES DALAM IKLAN VIVO VERSI “MAU JADI KELINCI PERCOBAAN KAMU”) Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tidar Konstruksi sosial yang diakibatkan oleh praktik budaya patriarki di masyarakat menghasilkan batasan-batasan bagi laki-laki yang disebut maskulinitas. Media ikut serta dalam meneruskan nilai yang ada di masyarakat dengan menampilkan konsep male gaze yang terjadi pada kaum perempuan. Adanya nilai yang berkembang di masyarakat, perusahaan VIVO melalui poster iklan “Mau Jadi Kelinci Percobaan Kamu” yang membawa pandangan baru terkait maskulinitas melalui konsep dan brand ambassador. Oleh karena itu, penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk melihat representasi maskulinitas yang terjadi pada poster iklan VIVO versi “Mau Jadi Kelinci Percobaan Kamu”. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan analisis semiotika perspektif Roland Barthes. Hasil yang ditemukan pada penelitian ini setelah memaknai simbol dari setiap elemen visual yang terdapat dalam poster iklan VIVO versi “Mau Jadi Kelinci Percobaan Kamu” diantaranya: (1) nilai maskulinitas metroseksual yang ditampilkan oleh brand ambassador yang sadar akan penampilan dengan fashion yang digunakan ke arah feminin, (2) pandangan baru terhadap laki-laki dapat berada di posisi subordinat untuk mengekspresikan aktivitas seksualnya dalam melakukan kegiatan hubungan seksual. Dari penelitian ini menambah nilai yang ada di masyarakat terhadap standar maskulinitas serta memahami adanya perubahan nilai maskulinitas sering perkembangan zaman dan budaya.
Kata kunci: Maskulinitas, Semiotika, Poster Iklan VIVO versi “Mau Jadi Kelinci Percobaan Kamu”.


Ketersediaan
#
Ruang Skripsi (KOMUNIKASI) KOMUNIKASI MAU R 2024
45-UN57.U1-SIK-X-2024
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KOMUNIKASI MAU R 2024
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2024
Deskripsi Fisik
XV;120HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
302.2
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_ILMU_KOMUNIKASI
FAKULTAS_ILMU_SOSIAL_DAN_POLITIK
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?